Inspektorat Karawang Lakukan Audit Dana Desa di 73 Desa, Target Selesai Pertengahan November Mendatang

Inspektorat Karawang Lakukan Audit Dana Desa di 73 Desa, Target Selesai Pertengahan November Mendatang

Jajang Zaenudin, Irban 3 Inspektorat Karawang--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Inspektorat Karawang tengah gencar melakukan audit dana desa di 73 desa, dengan target penyelesaian pada pertengahan November mendatang

"Tahun ini ada 73 desa yang di audit, karena diambil sampel berdasarkan pengawasan berbasis resiko," ujar Jajang Zaenudin, Irban 3 Inspektorat Karawang, Rabu, 16/10/2024. 

Jajang menjelaskan bahwa proses audit dana desa dilakukan minimal satu tahun sekali. "Audit dilakukan minimal satu tahun satu kali. Kalau permasalahan pembangunan kita tidak dapat informasi itu, tetapi melakukan audit," katanya.

Ia menjelaskan bahwa sebelum dilakukan audit oleh inspektorat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan kecamatan memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Sepanjang 2024: Kasus Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan di Kabupaten Bekasi Capai 215 Kasus

BACA JUGA:Dinkop UKM Luncurkan Program Pelatihan dan Inkubasi Kewirausahaan untuk Sejumlah SMK di Karawang

"Pengawasan ada tree line of defeant, inspektorat tidak bisa memeriksa semua. Di lini pertama ada BPD yang mengawasi, kemudian lini kedua ada di kecamatan," tuturnya.

Jajang juga mengungkapkan bahwa proses audit dilakukan dengan menilai tiga ruang lingkup, yaitu sistem pengendalian internal, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan aset. 

"Ada 3 ruang lingkup, pertama tentang sistem pengendalian internal, kedua pengelolaan keuangan, ketiga pengelolaan aset yang sekarang kita sedang uji," paparnya.

Sementara itu, Tata Suharta Dinarta, Sekretaris Inspektorat Karawang, mengatakan bahwa hasil audit akan dijadikan saran untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

"Hasil audit akan dijadikan saran ke OPD yang menangani desa untuk melakukan penilaian desa," terangnya.

BACA JUGA:Bawaslu Karawang Terima 8 Laporan Pelanggaran Pilkada 2024

BACA JUGA:Preview Sengoku Youko The Thousandfold Chaos Arc Episode 12 dan Tempat Menontonnya

Ia juga menegaskan bahwa seluruh desa wajib terbuka selama proses audit. "Semua desa wajib terbuka saat proses audit. Kecamatan Karawang Barat baru akan kita audit. Target pertengahan November akan selesai audit," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: