5 Barang Tak Benda yang Hampir Diklaim Kepemilikan Malaysia yang Sukses Bikin Netizen +62 Naik Darah

5 Barang Tak Benda yang Hampir Diklaim Kepemilikan Malaysia yang Sukses Bikin Netizen +62 Naik Darah

Barang Tak Benda yang Hampir Diklaim Kepemilikan Malaysia --

 

Keris merupakan senjata tradisional khas Indonesia yang berasal dari tanah suku Jawa. Keris telah didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO sejak tahun 2005.

 

Senjata tradisional Indonesia yang satu ini memiliki desain dan bentuk pedang yang khas. Mulai dari bentuk bilah pedang yang berbentuk gelombang dengan pola ukiran yang khas dan unik

 

Namun, Keris juga sempat diklaim sebagai milik budaya Malaysia. Namun, klaim tersebut ditolak keras oleh Masyarakat Indonesia karena mereka meyakini jika keris merupakan senjata asli Indonesia.

4.  Batik

 

Masyarakat Indonesia juga pernah merasa marah ketika batik hendak diklaim oleh pihak Malaysia. Terdapat tuduhan bahwa Malaysia berusaha mengklaim batik sebagai milik mereka.

BACA JUGA:Cara merawat baju batik supaya awet di dalam lemari

 

Masalah ini bermula ketika sebuah perusahaan Malaysia mematenkan motif batik yang mereka ciptakan. Kehebohan ini semakin meningkat ketika finalis Miss Grand International Malaysia mengenakan batik, yang membuat netizen Indonesia bereaksi keras.

5.  Kuda Lumping

 

Pada tahun 2017, finalis Miss Grand International dari Malaysia, Sanjeda John, mengenakan kostum kuda lumping saat berkompetisi di sesi kostum busana nasional pada ajang Miss Grand International 2017.

 

Sebuah foto yang viral menunjukkan Sanjeda mengenakan atasan cokelat dengan bagian perut terbuka, serta sepatu boots setinggi lutut. Penampilannya yang mencolok ditutupi dengan kuda lumping berukuran besar yang dipegangnya di depan perut.

BACA JUGA:Rekomendasi 7 Warna Batik yang Membuat Warna Kulit jadi Cerah

 

Melalui Instagram resmi Miss Grand Malaysia pun memberikan klarifikasinya terhadap tudingan mencontek kostum kuda lumping yang memang identik dengan kesenian daerah dari Indonesia itu.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: