Rekomendasi Hadiah Untuk Anak yang Sunat/Khitan, Mulai dari Sepeda Sampai Handphone

Rekomendasi Hadiah Untuk Anak yang Sunat/Khitan, Mulai dari Sepeda Sampai Handphone

Kado Anak Sunat--POPMAMA.com

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Dalam agama Islam, hukum sunat pada anak laki laki khukumnya wajib mengingat kisah ini pernah diceritakan sejak zaman Nabi Ibrahim AS.

Setiap anak laki-laki dianjurkan untuk menjalani sunat. Proses sunat ini melibatkan pemotongan kulit yang menutupi kepala atau ujung kemaluan laki-laki

Tujuan utama anak laki laki melaksanakan ibadah sunat bukan hanya untuk bersuci. Tetapi juga memiliki manfaat Kesehatan lainnya, salah satunya adalah untuk mengurangi risiko berbagai penyakit kelamin.

Sunat membantu membersihkan kotoran pada penis yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan mencegah penyakit menular seksual. Oleh karena itu, sunat bukan hanya dilakukan oleh orang muslim, tapi juga dari agama lain yang sadar akan Kesehatan kelamin.

BACA JUGA:61 Peserta Ikuti Sunatan Massal Gratis di Cikampek, Kerjasama Kodim 0604/Karawang dan RS Izza

Tapi, bagaimana ya? Bagaimana membujuk anak supaya mau diajak sunat tanpa harus dipaksa? Salah satu penjelasannya ada dengan memberikan hadiah. Membujuk anak dengan iming iming hadiah efektif digunakan. Anda bisa bertanya tentang hadiah apa yang diinginkan. Missal seperti handphone atau sepeda.

 

Rekomendasi Kado Untuk diberikan pada Anak yang Sunat/ Khitan

Banyak anak laki-laki yang memilih untuk disunat menjelang liburan panjang. Sebagai keluarga, tetangga, atau kerabat, memberikan kado sebagai bentuk penghargaan atas keberanian mereka menghadapi sunat adalah hal yang baik.

Namun, sering kali kita bingung memilih kado apa yang bisa bergu dan bermanfaat bagi mereka. Untuk menjawab hal tersebut, berikut adalah beberapa ide kado untuk anak yang baru disunat:

  1. Uang Tunai

Memberikan uang tunai adalah pilihan yang paling praktis dan antiribet yang bisa kamu berikan pada anak yang habis hari itu. Jika Anda tidak sempat menyiapkan kado, uang bisa menjadi alternatif yang tepat dan cepat.

Karena nantinya anak-anak tersebut dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli barang apapun yang mereka inginkan. Sang anak juga memasukkan uang tersebut ke dalam Tabungan dan ditabung untuk keperluan di masa depan.

  1. Perlengkapan Ibadah

Anak laki-laki yang disunat biasanya sedang memasuki fase baligh, sehingga penting untuk meningkatkan ibadah mereka. Kado berupa peralatan ibadah seperti sarung, peci, pakaian koko, sajadah, atau Al-Qur'an akan sangat bermanfaat.

BACA JUGA:Bahaya Tradisi Sunat Bayi Perempuan, Ini Menurut Kemenkes

Jika tidak bisa membeli semuanya, pilihlah satu item yang terbaik. Peralatan ibadah untuk anak laki-laki yang paling cocok sebagai hadiah sunat adalah celana sarung.

Karena di tahap itu anak Tengah belajar bagaimana cara menggunakan sarung. Dan celana sarung jadi jawaban yang praktis.

  1. Peralatan Sekolah

Kado selanjutnya berupa peralatan sekolah seperti tas, sepatu, tempat pensil, alat tulis, atau buku pengetahuan sangat diminati. Meskipun saat ini sedang libur panjang, peralatan tersebut akan berguna saat sekolah dimulai kembali.

Jika tidak ingin membeli semua peralatan, Anda bisa memberikan salah satu item saja. Missal seperti tas sekolah dengan animasi dan gambar favoritnya. Sudah pasti jika hadiah di iakan berguna di kemudian hari.

4.       4. Mainan Anak

Jika Anda ingin memberikan kado berupa mainan, penting untuk mempertimbangkan minat dan usia anak. Dengan begitu, Anda bisa memilih mainan yang sesuai dengan trend dan juga keinginannya.

BACA JUGA:Ditinjau Dari Ilmu Fikih, Pandangan Islam Soal Tradisi Sunat Bayi Perempuan

Mainan yang bisa kamu jadikan hadiah misalnya seperti mobil-mobilan, robot, bola sepak, atau lainnya. Anak yang sudah duduk di kelas 5 atau 6 SD biasanya sudah tidak tertarik bermain gelembung atau bongkahan puzzle. Kamu juga bisa memberikannya Palystasion.

  1. Aksesoris

Meskipun masih anak-anak, saat ini banyak aksesoris yang dapat mereka gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Aksesoris yang bisa dipertimbangkan antara lain jam tangan, topi, kacamata, dan lain-lain.

Hadian in cocok bagi kamu yang hanya punya budget kecil untuk memberikan hadiah. Ketimbang uang, kamu bisa memberikan barang dengan nilai yang sama seperti topi dan jam tangan, tentu barang ini alias berguna bagi si anak.

  1. Sepeda

Salah satu barang yang sering dijadikan hadiah sunat/khitan adalah sepeda. Meskipun harganya cukup mahal, sepeda adalah hadiah yang sangat bermanfaat dan disukai anak-anak.

Memiliki sepeda akan membuat anak lebih bersemangat, karena mereka bisa menikmati bermain, pergi ke sekolah, berangkat mengaji, atau berolahraga. Biasanya keluarga atau kerabat dekat akan memberikan sepeda.

  1. Telepon Genggam (HP)

Setelah disunat, biasanya anak tidak diperbolehkan bermain di luar dengan bebas untuk menghindari risiko cedera. Namun, jika mereka hanya tinggal di rumah, mungkin akan merasa bosan. Untuk mengatasinya kamu bisa memberikan handphone.

BACA JUGA:Ragam Biaya Sunat Berdasarkan Usia dan Jenis Tindakanya.

Hadiah handphone semagai iming iming sunat sudah jadi kebiasaan baru baru ini. Bagaimana tidak, teman sepemainanya sudah mahir bahkan punya handphone pribadi. Sudah tentu anak juga menginginkan barang tersbeut. Dan sunat jadi syaratnya. 

Selain memberikan berbagai hadiah, jangan lupa juga untuk memberikan doa terbaik agar anak tumbuh menjadi pribadi yang sholeh dan bermanfaat bagi orang lain. Aamiin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: