Kudapan Khas Tambelan jadi Pilihan ketika Berkunjung ke Pulau Bintan

Sabtu 29-10-2022,17:21 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

karawangbekasi.disway.id - Pulau Bintan kekinian menjadi salah satu  trip wisata di Indonesia dengan aneka ragam keindahan alam dan budaya khas Melayu yang tetap lestari ditengah modernisasi. 

Sehingga Pulau Bintan menyimpan ragam makanan khas yang menarik untuk dicicipi dari berbagai pulau di wilayah Provinsi Kepri.

Jika Anda berniat liburan ke Pulau Bintan, salah satu kuliner khas yang wajib Anda cicipi adalah makanan khas Melayu Tambelan. Tambelan adalah irisan dari Pulau 7 dengan corak tersendiri yang masih dalam administrasi Kabupaten Bintan.

BACA JUGA:Saham Sedekah

Kudapan khas Melayu Tambelan, menjadi satu keunikan disamping keindahan alam bawah lautnya, daerah ini juga memiliki makanan tradisional yang enak di mulut. 

Kudapan khas Tambelan salah satunya adalah bingke Tambelan. Karena kenikmatannya tak heran kerap jadi pengingat bagi mereka yang pernah mencobanya. 

BACA JUGA:Hari Ini Google Doodle Rayakan Tempe Indonesia Saat Kedelai Mahal dan Perajin Berhenti Produksi

Kudapan tradisional Melayu khas Tambelan, masakan Hida’at Yahya, salah satunya yang bisa  dinikmati ketika berada di Pulau Bintan tepatnya di Kota Tanjungpinang. Pakanan khas Pulau 7 ini berlokasi di Jalan Panjaitan KM 9 Tanjungpinang. 

Rumah makan  Khas Melayu Tambelan di wilayah Baru 9 ini menjual  aneka kuliner mulai untuk makan pagi dan makan siang, dan sore. 

"Menunya tematik, setiap hari dengan sajian berbeda. Tapi semua adalah khas Melayu Tambelan," ucap Yahya di Tanjungpinang, , Sabtu (29/10/2022). 

BACA JUGA:150 Orang Hadiri Reses III Dariyanto, Pengobatan dan Pembagian Kacamata Baca

Dikatakan di rumah makan Maknda khas Tambelan tersedia aneka menu sarapan  pagi, terdiri dari lontong karie ikan, lontong sayur, nasi goreng kampung, lakse goreng, nasi lemak, gado gado.

Menu makan siang tersedia lauk gulai belarak ikan kerapu, gulai ikan jahan, pindang serai bulat atau manyuk, ikan bakar serai, bakar arab, pais ikan hiu, mie kuah, bakso ikan Tambelan serta sotong isi nasi.

Menu makanan khas disiapkan di hari yang berbeda. Sementara untuk makanan ringan, warga bisa menikmati makanan ringan yang bergizi seperti ukal yang dibuat dari ubi dicampur sambal ikan tongkol. Roti goreng ubi isi ikan, bingke berendam, srimuka, dan srikaye.

Kategori :