Dakwah Lewat Lagu, Gus Haris Luncurkan Album Sahabatku di Makodim 0604 Karawang

Rabu 19-07-2023,13:13 WIB
Reporter : Rajomengiyan
Editor : Rajomengiyan

KARAWANG-Berdakwah melalui musik, Gus Haris dikenal sebagai ulama di Kabupaten Karawang  merilis album musik berjudul "Sahabatku" yang berisikan 10 lagu, Selasa (17/7) di Saung Lengkong Makodim 0604 Karawang.

Pendakwah Gus Haris ini mengusung konsep syiar dan syair yang di dalam lagunya berisi dakwah serta dinamika kehidupan manusia.

Dalam proses garapan albumnya Gus Haris menghabiskan kurang lebih satu bulan, dan dibantu oleh Kartika Musik Studio milik Dandim 0604 Karawang Letkol Kav. Makhdum Habiburrahman.

"Alhamdulillah dibantu pak Dandim 0604 Karawang dan kawan-kawan Jayantaka akhirnya saya bisa melaunching album perdana berjudul sahabatku," kata Gus Haris usai melaunching albumnya di Warung Lengkong Kodim 0604 Karawang.

BACA JUGA:LPE Jabar Tertinggi di Pulau Jawa, Jumlah Penduduk Miskin Diklaim Menurun

Album "Sahabatku" ini terdiri dari 10 judul lagu, yakni Manusia Lupa, Jangan Galau, Lupa Diri, Kembalilah Jiwa, Aku dan Kamu Satu, Kau Tak Sendirian, Sang Pejuang, Juri Dunia, Semua Berlalu dan Sahabatku.

"10 lagu ini berisikan apa yang alami tentang kondisi sosial dan tentunya memiliki pesan untuk lebih dekat dengan Allah SWT," katanya.

Sementara itu, dalam pantauan di lokasi launching album "Sahabatku" diberi apresiasi oleh berbagai musisi dari lokal hingga nasional seperti Mike Marjinal, Farid Mbah Surip, Opik dan lain-lain. 

Selain itu, hadir juga dari perwakilan Muspida yakni Sekda Karawang,  Kajari Karawang serta Dandim 0604 Karawang.

BACA JUGA:Diresmikan Ridwan Kamil, Apartemen Transit di Purwakarta Ini Biaya Sewanya Hanya Rp 250 Ribu Per Bulan

Sementara itu kiai muda NU Karawang Ahmad Syahid mengomentari apa yang dilakukan Gus Haris sebagai dakwah yang kratif.

Dikatakan Syahid, Dakwah Islam melalui lagu-lagu adalah salah satu bentuk komunikasi dan penyampaian pesan agama Islam kepada masyarakat melalui medium musik dan lirik lagu. 

" Konsep dakwah Islam melalui lagu-lagu ini memiliki beberapa tujuan dan karakteristik khusus, yang mencakup Edukasi dan Penyadaran, dimana Lagu-lagu dakwah Islam berfungsi sebagai alat untuk mengedukasi dan menyadarkan masyarakat tentang ajaran-ajaran Islam, nilai-nilai moral, dan etika agama. Pesan-pesan yang disampaikan melalui lirik lagu bisa berupa tentang akhlak mulia, pentingnya beribadah, toleransi, kasih sayang, dan lain sebagainya," paparnya.

Ditambahkan, lagu-lagu dakwah juga bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi pendengarnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh semangat dan ketabahan. Pesan-pesan positif dalam lagu dapat membantu menghadapi tantangan hidup dengan optimisme dan keberanian.

Kategori :