Dua Kepala Dinas Bergeser, Tiga Sekretarisnya Berganti, Berikut Daftar Lengkap Mutasi Rotasi Bupati Karawang

Sabtu 30-12-2023,19:06 WIB
Reporter : Siska
Editor : Hayatullah

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Puluhan aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, bergeser posisi.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Sabtu 30 Desember 2023.

ASN yanh diambil sumpah dan jabatan merupakan jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama, jabatan a dministrator dan jabatan pengawas. Dari 75 yang dimutasi, dua diantaranya pejabat eselon II.

Kepala DPMPTSP Eka Sananta menempati jabatan baru sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Karawang dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wawan Setiawan menjadi kepala DPMPTSP Kabupaten Karawang.

Lalu, tiga pejabat eselon III yakni Sekretaris DPMD Tata Suharta Dinata menempati Sekretaris Inspektorat, Sekretaris Dinas Asrisp dan Perpustakaan Udin menjadi Sekretaris Dinas Perikanan serta Sekretaris Kecamatan Telagasari Deden Ramli Hermawan menjadi Sekretarus Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang Asep Aang Rahmatullah mengungkapkan P emkab Karawang, bakal melanjutkan rotasi mutasi jilid kedua pada  awal tahun 2024 mendatang. 

Di mana, hari ini Sabtu 30 Desember 2023 ada 75 pejabat di sejumlah OPD bergeser.

Kata Aang, mutasi dan rotasi di awal tahun 2024 dilakukan sebagai langkah Pemkab Karawang dalam mengisi kekosongan jabatan di beberapa OPD. 

"Jabatan kosong di OPD-OPD akan diisi secara bertahap, dengan tahapan meditokrasi, dimana boks-boks yang itu, talen-talen fullnya sudah ada. Ini dilaksanakan bertahap untuk eselon 2 sampai 4, semua bertahap," ungkap dia.

Aang kembali menegaskan, bahwa mengenai waktu rotasi mutasi selanjutnya tergantung dari Bupati Aep.

"Proses mutasi rotasi itu bisa kapan saja dilakukan, bisa hari Jumat, Sabtu bahkan Minggu. Ya tunggu saja, bagaimana Pak Bupati," kata dia.

Sebelumnya, Pemkab Karawang lakukan mutasi dan rotasi pada 75 pejabat di beberapa OPD. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Wawan Setiawan digeser menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sementara pejabat lama, Eka Sanatha bergeser menjadi Asisten Administrasi Umum pada pada Sekretariat Pemkab Karawang.

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang ini, digelar di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Sabtu 30 Desember 2023.

"Hari ini kita melakukan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang," ujar Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh.

Dari 75 pejabat itu, terdiri dari 2 orang pimpinan pratama, 32 orang administrator, 25 pengawas, dan 16

Kepala UPTD Puskesmas. Mutasi dan rotasi tersebut, dilakukan berdasarkan Keputusan Bupati tertanggal 29 Desember 2023. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang Asep Aang Rahmatullah, mengtakan, mutasi dan rotasi dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

"Bahwa sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar, di antaranya dengan tanpa membedakan latar belakang politik," katanya.

Mutasi dan rotasi ini, lanjut Asep Aang, juga berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 821.24/Kep/BKPSDM/2023, tertanggal 29 Desember 2023. (Siska)

Kategori :