Menjadi Impian Semua Umat Muslim, Intip Beberapa Persiapan Haji dan Umroh yang Perlu diketahui!

Senin 25-03-2024,21:17 WIB
Reporter : Cindy Oktaviani
Editor : Cindy Oktaviani

Sama seperti umroh, pastikan kalian memiliki paspor dengan masa berlaku yang cukup lama dan visa haji. Persiapkan juga dokumen-dokumen lain yang diperlukan. Persiapkan dokumen-dokumen tersebut dari sekarang.

 

3. Kesehatan:

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan pastikan kalian dalam kondisi fisik yang baik untuk menjalankan ibadah haji yang membutuhkan banyak aktivitas fisik.

 

4. Pendidikan:

Ikuti kursus atau pelatihan haji untuk memahami tata cara dan doa-doa yang harus dilakukan selama ibadah haji. Oleh karena itu, biasanya suka diadakan kegiatan pelatihan atau manasik haji untuk orang yang mau berangkat ibadah haji dan umroh.

 

5. Pakaian dan perlengkapan:

Persiapkan pakaian dan perlengkapan sesuai dengan kebutuhan kalian selama menjalankan ibadah haji, termasuk ihram, alas kaki yang nyaman, dan perlengkapan mandi. Tidak usah membawa barang yang terlalu banyak, yang penting semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik.

 

Baca juga: Sebentar Lagi Liburan! Ini Tips Menabung untuk Berlibur

 

6. Keuangan:

Pastikan kalian memiliki dana yang cukup untuk biaya perjalanan, penginapan, makanan, dan kebutuhan lainnya selama ibadah haji. Biaya untuk berangkat haji dan umroh bukanlah biaya yang sedikit. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan secara matang untuk biaya ongkos dan juga kehidupan disana. Memang rezeki sudah di atur oleh Allah SWT, namun tidak ada salahnya untuk kita tetap berikhtiar menjemputnya.

Kategori :