12 Rekomendasi Mahar Pernikahan, Dari yang Paling Basic HIngga Outoffthebox

Sabtu 25-05-2024,11:57 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

 

Kreasi dengan uang logam juga bisa dijadikan mahar pernikahan, meski biasanya koin digunakan sebagai dekorasi. Misalnya, membingkai tanggal pernikahan dengan uang koin. Untuk membuatnya lebih berkesan, Anda bisa menempelkan koin pada sketsa wajah Anda dan pasangan, kemudian membingkainya. Jika merasa kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa pengrajin untuk membuatnya.

 

2.        Uang Dinar

 

Mahar pernikahan tidak selalu harus dalam bentuk rupiah. Sebagai alternatif, bisa menggunakan dinar atau dirham. Agama Islam tidak menetapkan syarat nominal untuk mahar pernikahan. Mahar adalah bentuk kerelaan suami dalam menafkahi istri.

 

Selain itu, mata uang dinar dan dirham lebih stabil dibandingkan mata uang lainnya. Meskipun disimpan selama bertahun-tahun, nilainya tetap sama atau bahkan meningkat. Cara mengemas mahar ini pun sederhana, cukup sertakan sertifikat dan masukkan dalam parsel.

 

4.        Seperangkat Alat Salat

 

Seperangkat alat salat seperti sajadah, tasbih, Al-Qur'an, jilbab, atau kerudung salat bisa menjadi pilihan mahar. Ini bermakna bahwa calon suami siap membimbing calon istrinya dalam beribadah, seperti salat, mengaji, dan berzikir.

 

5.        Logam Mulia

 

Logam mulia adalah mahar pernikahan umum yang sering diberikan. Salah satu alasan memilih logam mulia adalah karena harga emas cenderung naik atau stabil seiring waktu. Mahar logam mulia ini bisa menjadi tabungan untuk masa depan. Umumnya, emas batangan dipilih sebagai mahar karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan perhiasan.

 

6.        Frame Bouquet

 

Jika mahar pernikahan berupa uang kertas, Anda bisa membentuknya menjadi bunga dan merangkainya seperti bouquet. Kombinasi warna pastel dengan putih membuat mahar ini tampak manis. Anda juga bisa membuat rangkaian bunga dengan menyertakan uang sebagai syarat sah pernikahan. Mahar ini cukup mudah dibuat, cukup pesan buket bunga segar dan selipkan gulungan uang sesuai jumlah yang disepakati.

 

7.        Hewan Ternak

 

Untuk mahar pernikahan yang unik, Anda bisa memilih hewan ternak. Hewan ternak adalah mahar yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW saat menikahi Khadijah. Beberapa jenis hewan ternak yang bisa dipilih antara lain sapi, kambing, ayam, dan lain-lain.

 

8.        Seperangkat Barang untuk Hobi Pasangan

 

Mahar pernikahan juga bisa berupa seperangkat peralatan yang berkaitan dengan hobi pasangan. Misalnya, seperangkat alat menyeduh kopi jika calon istri gemar kopi. Jika pasangan menyukai fotografi, berikan kamera berkualitas. Apabila hobi berenang, berikan seperangkat alat renang. Jika ia suka naik gunung, sertakan seperangkat alat naik gunung. Selain bermanfaat, mahar yang sesuai hobi ini juga bisa membuat pasangan lebih senang.

BACA JUGA:Prosesi Lengkap Pranikah Adat Jawa, Siraman, Sungkeman hingga Midodaremi

 

9.        Kolase

Kategori :