Perbedaan Varietas Jeruk Biasa dan Jeruk Pahit, Punya Rasa Berbeda

Kamis 18-07-2024,20:46 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

2. Jeruk Biasa 

Varietas ini umum sangat, banyak ditanam, dan dikenal luas. Contohnya termasuk Valencia, Hart's Tardiff Valencia, dan Hamlin, meskipun masih ada lusinan jenis lainnya.

3. Jeruk Berdarah atau Berpigmen 

Jeruk berdarah, atau yang dikenal dengan jeruk berpigmen, memiliki variasi warna merah tua yang dihasilkan oleh tingginya kandungan Antosianin. Jenis ini merupakan pengobatan alami dari C. Sinensis dan meliputi Malta, Moro, Sanguinelli, Scarlet Navel, dan Tarocco.

4. Jeruk Navel 

Jeruk Navel merupakan produk komersial yang sangat populer dan sering dijual secara grosir. Varietas yang paling umum dari jenis ini adalah Cara Cara, Bahia, Dream Navel, Late Navel, serta Washington atau California Navel.

5. Jeruk dengan Keasaman Rendah 

Jeruk jenis ini memiliki sedikit rasa asam, sehingga rasanya lebih manis dan lembut. Varietas ini biasanya termasuk jeruk manis yang dipanen lebih awal dan tidak cocok untuk dijadikan jus karena kandungan asam yang sangat rendah melindungi buah dari kerutan. 

Meskipun demikian, jeruk ini jarang dibudidayakan dalam jumlah besar. Varietas dalam varietas jeruk manis adalah mandarin, dengan kultivar populer seperti Satsuma, jeruk siam, dan Clementine.

BACA JUGA:Ragam Jenis Jeruk Dari yang Rasanya Asam Sampai Pahit, Ada Jeruk Darah!

 

Varietas Jeruk Pahit


Jeruk Mandarin--

Sementara itu, dalam varietas jeruk pahit, ada:

1. Jeruk Seville (C. aurantium) Digunakan sebagai batang bawah untuk pohon jeruk manis dan dalam pembuatan selai jeruk.

Kategori :