Tips Tubuh Tetap Fit ketika Musim Penghujan, Jangan disepelekan

Rabu 25-09-2024,21:09 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

- Tidur Minimal 7-8 Jam Sehari: Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh, membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit.

- Buat Rutinitas Tidur yang Teratur: Tidur pada jam yang sama setiap malam membantu menjaga ritme sirkadian tubuh, yang berkontribusi pada kesehatan dan energi yang lebih baik sepanjang hari.

4. Tetap Aktif dan Berolahraga

- Lakukan Olahraga Indoor: Musim hujan mungkin membatasi aktivitas di luar ruangan, tapi kamu tetap bisa berolahraga di dalam rumah seperti yoga, pilates, lompat tali, atau latihan menggunakan dumbbell. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memperkuat sistem kekebalan.

- Jalan Kaki di Tempat Tertutup: Jika kamu lebih suka aktivitas ringan, kamu bisa berjalan di mal atau area tertutup lainnya untuk tetap aktif.

5. Konsumsi Suplemen Jika Diperlukan

- Tambahkan Suplemen untuk Daya Tahan Tubuh: Jika kamu merasa asupan vitamin dari makanan masih kurang, pertimbangkan mengonsumsi suplemen seperti vitamin C, vitamin D, atau zinc yang diketahui dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

- Probiotik untuk Sistem Pencernaan: Mengonsumsi probiotik baik dalam bentuk suplemen atau dari makanan fermentasi (seperti yoghurt, kefir, atau kimchi) dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, yang pada akhirnya mendukung kekebalan tubuh.

6. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

- Cuci Tangan dengan Sabun: Sering mencuci tangan dengan sabun adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri. Lakukan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah kontak dengan permukaan umum.

- Mandi dan Ganti Pakaian Setelah Bepergian: Jika kamu basah akibat hujan atau kotor terkena lumpur, segera mandi dan ganti pakaian bersih. Ini akan membantu mencegah infeksi kulit dan mencegah pilek akibat kedinginan.

- Bersihkan Rumah Secara Rutin: Udara lembap di musim hujan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri. Bersihkan rumah secara rutin untuk mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang lembap.

7. Pakai Pakaian yang Tepat

- Gunakan Pakaian Hangat dan Kering: Kenakan pakaian hangat berbahan katun atau wol untuk menjaga tubuh tetap hangat. Hindari pakaian basah karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan panas dan meningkatkan risiko pilek.

- Siapkan Jas Hujan dan Payung: Saat keluar rumah, selalu bawa jas hujan dan payung untuk melindungi diri dari basah kuyup, yang bisa memicu flu atau demam.

Kategori :