Makanan Pengganti Gula Ini Bagus dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Kamis 03-10-2024,10:29 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

5. Sirup Maple

Bagi para penggemar masakan Barat ataupun Korea pasti kalian sering mendengar sirup maple ini dalam penggunaan salah satu bumbu dalam masakannya. Sirup maple berasal dari getah pohon maple yang dipanaskan hingga menjadi sirup manis. Memiliki beberapa antioksidan dan mineral seperti mangan dan seng. Indeks glikemiknya lebih rendah daripada gula pasir. Sirup maple bisa digunakan sebagai topping untuk pancake, yogurt, atau oatmeal.

6. Kurma

Buah asli Timur Tengah ini ternyata bisa dijadikan sebagai pengganti gula alami yang baik untuk tubuh. Kurma adalah buah alami yang sering digunakan sebagai pemanis dalam bentuk pasta kurma atau kurma kering yang dihancurkan. Mengandung serat tinggi yang membantu mengontrol pelepasan gula ke dalam darah. Kurma juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat. Kurma bisa digunakan dalam smoothie, kue, atau sebagai pengganti gula dalam resep kue.

7. Monk Fruit atau Luo Han Guo

Memang terdengar asing, namun buah yang satu ini sangat bagus sebagai pengganti gula lho. Monk fruit berasal dari buah yang tumbuh di Asia Tenggara. Pemanis alami ini tidak mengandung kalori dan memiliki indeks glikemik nol, sehingga aman untuk penderita diabetes. Monk fruit 100-250 kali lebih manis daripada gula. Monk Fruit dapat digunakan untuk pemanis teh, kopi, dan makanan penutup.

8. Coconut Sugar atau Gula Aren

Gula kelapa atau biasa dikenal juga dengan gula aren ini diekstrak dari getah bunga kelapa. Meskipun mengandung kalori, gula kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir, dan mengandung sedikit nutrisi seperti zat besi, seng, kalsium, dan kalium. Penggunaan untuk gula aren ini cocok untuk memanggang dan pemanis minuman.

Tips yang Bisa dilakukan

- Konsultasikan dengan dokter: Penderita diabetes atau gula darah tinggi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengganti gula dengan alternatif pemanis alami. Apakah itu baik untuk dikonsumsi atau tidak.

- Pantau porsi: Meskipun alami, beberapa pengganti ini tetap mengandung kalori dan karbohidrat, sehingga porsi tetap harus diperhatikan.

- Cek secara rutin gula darah ke dokter atau klinik atau puskesmas terdekat untuk melihat perubahan dari gula darahmu.

 

Kategori :