Cara Lain Menikmati Masa Kuliah Tanpa Harus Pindah Jurusan, Harus Banyak Bersyukur!

Senin 07-10-2024,15:18 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

 

Sambil melanjutkan studi, terlepas dari perasaanmu tentang itu, mengapa tidak mengembangkan minatmu di organisasi mahasiswa? Tidak ada salahnya bergabung dengan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa sekaligus.

 

Bahkan, berpartisipasi aktif dalam komunitas di luar kampus dapat mengasah dan meningkatkan keterampilan keras maupun lunak yang kamu miliki. Dari berbagai kegiatan tersebut, kamu mungkin dapat mengembangkan bakat dan minatmu hingga menemukan passion baru.

 

4.        Ikut Les atau Kursus yang Berkaitan dengan Jurusan Impian

 

Menambah pengetahuan untuk mendukung karier di masa depan tidak hanya bisa dilakukan dengan kuliah. Jika kamu merasa salah memilih jurusan, kamu bisa mengikuti kursus atau les tambahan. Saat ini, tidak sulit loh menemukan kursus yang dapat meningkatkan soft skill yang kamu punya.

 

Lakukan kursus atau workshop, baik secara online maupun offline, dengan durasi singkat sekitar 3-6 bulan. Namun, jika mengikuti kursus atau workshop terasa mahal, cobalah untuk terlibat dalam kegiatan magang atau sukarela yang sesuai dengan minatmu.

BACA JUGA:Sharp Indonesia Gelar Program Sharp Class, Dorong Generasi Unggul

 

Selain meningkatkan soft skill dan hard skill, pengalaman magang di perusahaan atau instansi juga akan memberikanmu wawasan tentang dunia kerja dan bisa memberikan uang saku tambahan.

 

5.       Bersyukur Bisa Kuliah, Meski Salah Ambil Jurusan

 

Banyak orang di luar sana yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas, jadi kamu termasuk orang yang beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk menikmati masa kuliah. Bersyukur adalah sikap yang tepat untuk terus maju dan menyelesaikan pilihan yang telah kamu ambil.

 

Cobalah untuk melihat hidupmu dari sudut pandang yang berbeda. Mulailah mencintai segala hal yang kamu lakukan, meskipun itu bukanlah hal yang kamu sukai. Kamu akan menyadari bahwa tidak ada perjuangan dan pengorbanan yang sia-sia; semua akan indah pada waktunya.

 

Semoga artikel ini bisa membantumu menentukan Langkah

 

Kategori :