Tingkatkan Kapasitas, BUMDes Kabupaten Bekasi Ikuti Pelatihan Penggunaan Aplikasi Barang Nanufaktur

Senin 28-10-2024,15:45 WIB
Reporter : Almu Jamil
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Bekasi mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi barang manufaktur BUMDes dan Jasa di Hotel Pramebiz, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (28/10).

Sekretaris (Sekdin) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Sapto Noviantoro mengatakan, kegiatan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas BUMDes di Kabupaten Bekasi.

" Dalam hal ini upaya telah dilaksanakan oleh DPMD yaitu dengan melakukan pembinaan-pembinaan, monitoring dan tentunya nanti ada peningkatan lagi untuk berikutnya peningkatan kapasitas bagi pengelola BUMDes. Dan tentunya ada sinergitas antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Pemerintah Desa untuk sama-sama mengelola dan meningkatkan potensi-potensi desa," kata Sapto kepada Cikarang Ekspres, Senin (28/10).

BACA JUGA:Atlet Wushu Asal Kabupaten Bekasi Tasya Ayu Raih Emas di '3rd Taolu World Cup' Yokohama

BACA JUGA:KidZania Jakarta, MMKSI Kembangkan Perangkat Lunak Terbaru Untuk Mitsubishi Motors Car Design Center

Menurut Sapto, keberadaan BUMDes bisa mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa. Meksi perubahan-perubahan sering kali terjadi di desa." Jadi fungsi kami (DPMD) adalah membina atau terus menjaga keberadaan SDM dan meningkatkan SDM di wilayah desa," ucapnya.

Ia menuturkan, secara umum 179 desa di Kabupaten Bekasi sudah memiliki BUMDes. Hanya saja usahanya naik turun ada yang dalam posisi diatas, ada yang perlu dikembangkan dan ada juga yang masih butuh pembinaan.

" Jadi kalau permasalahan di dalam BUMDes soal permodalan. Tapi kami melihat justru masalah itu justru bukan di permodalan tapi inovasi-inovasi dan daya tahan pengurus sendiri yang harus mampu bertahan untuk mengembangkan apa yang dikelola oleh BUMDes itu sendiri," bilangnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ahmad Syaikhu: Peran Pemuda Semakin Kian Berkembang dan Kreatif

BACA JUGA:RK Dadan Surya Negara Sosialisasi Perda Fasilitasi Penyelenggaraan Ponpes di Kabupaten Cianjur

Oleh karena itu, tugas DPMD Kabupaten Bekasi mendampingi BUMDes sampai dengan tingkatan-tingkatan yang di inginkan. Tentu kalau semuanya sudah maju peran DPMD mungkin tidak terlalu dibutuhkan. "Justru peran kami mengangkat BUMDes, mana yang lagi turun, berkembang dan lain sebagainya," tandasnya.(mil)

Kategori :