Gelar Pelatihan Bagi Para Guru di Karawang, Disdikpora Optimalkan Penggunaan Akun belajar.id

Gelar Pelatihan Bagi Para Guru di Karawang, Disdikpora Optimalkan Penggunaan Akun belajar.id

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Karawang menggelar kegiatan pengelolaan pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) sub kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi bidang pendidikan aktivitas peningkatan dan optimalisasi AKUN belajar.id jenjang SMP Tahun Anggaran 2024.

Riana Widyaprada BBPMP Jabar, menyampaikan, saat ini tingkat aktivasi AKUN belajar.id untuk jenjang SMP, SD, Paud, dan kesetaraan baru mencapai 50,96 persen dari total 461.916 orang guru yang terdaftar di Dapodik.

Sedangkan untuk jenjang SMA/SMK, kata dia, menjadi kewenangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

"Dari jumlah itu, hanya ada 93.119 orang yang sudah melakukan aktivasi. Angka ini masih dibawah standar yang sudah ditetapkan oleh Pemprov Jabar," kata Riana, Rabu, 7/8/2024, di Brits Hotel.

BACA JUGA:Diduga Lecehkan Puluhan Santri, Oknum Pimpinan Ponpes di Karawang Dipolisikan

BACA JUGA:Unsika dan DPPKB Karawang Kolaborasi Turunkan Stunting, Luncurkan Program Ceting De Gong

Ia merinci, untuk jumlah aktivasi jenjang SMP baru 51,51 persen, jenjang SD 54,64 persen, jenjang Paud 52,73 persen dan jenjang kesetaraan 16,43 persen.

"Data ini diambil sampai per hari ini. Jadi angka nya masih fluktuatif, karena selama kegiatan ini juga kita langsung membantu melakukan aktifasi AKUN belajar.id," ujar Riana.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan melakukan advokasi atau pendampingan kepada para pejabat Disdikpora dalam penggunaan AKUN belajar.id tersebut.

"Kami akan menggerakkan pengawas dan penilik dalam melakukan sosialisasi serta akan memberikan pendampingan, agar penggunaan AKUN belajar.id ini bisa optimal," papar Riana.

BACA JUGA:PT MPS Cuman Terkena Denda Rp 100 Juta Pasca Kematian Empat Karyawan di Karawang

BACA JUGA:Rayakan Hari Anak Nasional, JNE Berbagi Keceriaan Bersama Anak Berbakat dan Berprestasi

Sementara itu, Pusat Belajar Guru (PBG) Karawang Irwan mengatakan, pihaknya juga telah memberikan kegiatan pelatihan tersebut kepada para guru jenjang SD.

Ia berharap dengan terlaksananya kegiatan pelatihan itu, dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan bagi para guru yang telah terdaftar di Dapodik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: