Luapan Kali Ulu Kembali Rendam Dua Kampung di Cikarang Utara

Luapan Kali Ulu Kembali Rendam Dua Kampung di Cikarang Utara

luapan Kali Ulu, kembali rendam pemukiman warga di Desa Tanjung Sari dan Karang Raharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Kamis (17/11/2022) -foto amn-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Banjir akibat luapan Kali Ulu, kembali rendam pemukiman warga di dua kampung desa Tanjung Sari dan Karang Raharja, di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, dengan ketinggian mencapai 80 CM, pada Kamis 17 November 2022.

Dua kampung di Cikarang Utara tersebut selama ini dikenal sebagai lokasi langganan banjir yang belum ada solusi dari daerah setempat.

Banjir tersebut disamping akibat luapan dari Kali Ulu, juga disebabkan intensitas hujan yang turun dari malam hari hingga pagi hari. Sehingga badan kali tidak mampu menampung debit air hingga meluap ke pemukiman warga.

BACA JUGA:Kondisi Jalan Penghubung di Cibitung Tak Tersentuh Perbaikan, FPLWW Buka Donasi

"Banjir dengan ketinggian bervariasi sebenarnya mulai 45-80 Cm terjadi di dua Kampung pada dua desa di Cikarang Utara, akibat luapan Kali Ulu dan hujan dengan entitas tinggi yang terjadi sepanjang hari,"ungkap Ahmad Ajad Relawan KPA.

Dikatakan bahwa banjir yang terjadi akibat luapan Kali Ulu merendam pemukiman warga di Desa Tanjung Sari dan Karang Raharja bukan hal pertama terjadi. Wilayah tersebut dalam setahun bisa dua kali terjadi.

BACA JUGA:Bertambah, Korban Pelecehan Seksual Oknum Guru TKK di SDN III Jatirasa Jadi Dua Anak

Menurutnya banjir biasanya terjadi akibat ada kiriman air dari wilayah selatan seperti wilayah Jonggol. Kondisi itu kian parah akibat maraknya penyerobotan bantaran kali.

"Penyebab lainnya adalah alih fungsi bantaran kali, jembatan liar, juga kurangnya kesadaran masyarakat setempat dalam menjaga kali, sampah dan kotoran hewan (kambing) pasti terlihat dengan jelas disepanjang badan kali,"papar Mang Oye sapaan akrabnya.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Pungli PTSL Jatimurni Berlanjut, Kasat: Tidak Ada Cabut Laporan

"Banjir kali ini kami kembali turun untuk mengevakuasi satu warga karena sakit, atas nama Ibu Susi, Umur sekitar 75 tahun, alamat Kp. Kali Ulu, RT 02/01 Kp.Kali Ulu, Desa Karang Raharja - Cikarang Utara,"tambahnya.

Hadir dalam giat tersebut, BPBD Kabupaten Bekasi, dengan membawa bantuan berupa mie instan, air mineral juga matras, Kapolsek Cikarang Utara, Kepala Desa Tanjung Sari, FPRB Kecamatan Cikarang Utara, KPA Ranting Indonesia, Relawan Mata Angin Indonesia.

Kekinian air mulai surut, terlihat sore tadi warga mulai berbenah membersihkan komplek rumah dari sisa sampah banjir yang ada di pemukiman mereka.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: