Retina Indonesia Gelar Aksi Gerakan Kali Bersih Anak Kali Cilemahabang Bekasi

Retina Indonesia Gelar Aksi Gerakan Kali Bersih Anak Kali Cilemahabang Bekasi

Tim Retina Indonesia menggelar kegiatan gerakan kali bersih anak kali Cilemahabang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (4/2/2023).--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Relawan Tanggap Aksi Bencana (Retina) Indonesia menggelar kegiatan gerakan kali bersih anak kali Cilemahabang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (4/2/2023).

Tim Retina dibantu puluhan relawan yang tergabung dalam Garda Mantap bersama UPTD Lingkungan Hidup Wilayah IV membersihkan tumpukan sampah di pintu air Kali Angkring Depan Perumahan Puri Nirwana. 

Lokasi tersebut diapit oleh dua Kecamatan dan tiga desa meliputi Desa Sukaraya Kecamatan Karang Bahagia, Desa Karang Asih dan Karang Harja Cikarang Utara. Sehingga cukup menarik perhatian sebagai lintasan utama.

Gerakan kali bersih di anak kali Cilemahabang itu cukup menarik perhatian pengguna jalan karena melihat puluhan relawan Garda Mantap turun ke kali mengurai tumpukan sampah yang didominasi sampah rumah tangga yang telah ditumbuhi enceng gondok.

BACA JUGA:Kerja Bakti Peduli Lingkungan dan Keselamatan Anak KARAWANG - Salah satu tradisi bulanan warga Perumahan De

Relawan yang tergabung dalam Garda Mantap itu melakukan pembersihan Pintu Air Kali Angkring yang penuhi enceng gondok itu dengan cara manual turun langsung ke kali dengan memasukkan sampah ke dalam karung untuk kemudian diangkat ke truk sampah.

Ketua Pelaksana Gerakan Kali Bersih Anak kali Cilemahabang di Pintu air Angkring Wisnu Dani menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah gerakan sosial untuk menciptakan suasana aman dan nyaman.

BACA JUGA:Gus Yaqut Buka Rakernas Kemenag 2023, Titip 6 Pesan Ini

"Bersih dan bebaskan kali dari sampah baik di aliran juga dibantarannya, agar tidak menjadi masalah dilain waktu,"tegasnya. 

Hadi Perwakilan dari UPTD LH Wilayah IV mengatakan sumbatan sampah di pintu air Kali Angkring cukup parah. Jika dibiarkan maka bisa berdampak pada pasokan air irigasi untuk warga dan masyarakat yg tinggal disekitar pinggir tanggul, terutama yg menggunakan dan memanfaatkan air kali secara langsung untuk kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Raker PKN 2023 Sukses Rumuskan Agenda Program Strategis

"Kami mencoba mengurai dengan melibatkan semua pihak DLH menyediakan truk sebagai bentuk support pada giat Retina melaksanakan Gerakan Kali Bersih,"tukas Hadi. 

Sementara itu Ketua Harian KPA Ranting Indonesia, Ahmad Ajad menambahkan bahwa tumpukan sampah di pintu air Kali Angkring didominasi oleh sampah rumah tangga dan eceng gondok.

BACA JUGA:Kabar Anggota PPS Hasil Naturalisasi di KPU Kota Bekasi Menyeruak, Menarik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: