Kekurangan Minyakita, Wamendag: Saya Pikir Ini Sesuatu yang Cukup Wajar

Kekurangan Minyakita, Wamendag: Saya Pikir Ini Sesuatu yang Cukup Wajar

KUNJUNGAN: Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Puteri Anetta Komarudin (kiri). Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga (kanan) seusai berdialog dengan pedagang di Pasar Johar, Sabtu (24/6/2023)-GEMAH ABDILLAAH/KARAWANG BEKASI EKSPRES-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Wamendag RI), Jerry Sambuaga, mengatakan terkait kekurangan distribusi minyak goreng Minyakita disebabkan masyarakat memiliki antusias yang besar untuk dikonsumsi.

“Ini bukti bahwa memang masyarakat antusias dengan Minyakita, Kenapa? Karena Minyakita itu harganya terjangkau Rp 14 ribu atau Rp. 15 ribu per liter dan kemasannya bagus,” katanya seusai mengunjungi Pasar Johar, Sabtu (24/6/2023).

“Minyakita digemari oleh masyarakat sangat tinggi,” sambungnya.

Ia mengatakan, pihaknya memastikan suplai Minyakita terjaga serta ia mengaku sudah menambah suplai Minyakita dan mengalami peningkatan tiap bulannya.

BACA JUGA:Kunjungi Pasar Johar, Wamendag RI Memastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

“Dan itu saya pikir nanti untuk bulan-bulan ke depan saya cukup optimistis ini akan segera bisa terpenuhi,” katanya.

Jerry menjelaskan, pihaknya senantiasa menjaga pasokan Minyakita bagi masyarakat. Ia mengatakan kepada distributor untuk sampai ke retail, pengecer, hingga pedagang. “Mudah-mudahan InsyaAllah dalam waktu dekat ini pasokan itu aman,” katanya.

Ia mengakui bahwa di beberapa pasar terdapat kekurangan Minyakita, Jerry mengatakan di sisi lain terdapat juga pasar yang cukup bahkan kelebihan stok Minyakita.

“Saya pikir ini sesuatu yang cukup wajar selama itu jika tidak mengalami kejadian yang luar biasa, saya pikir itu akan kondusif,” ucapnya.

BACA JUGA:Temui Ketimpangan Distribusi Minyakita di Karawang, BPKN RI Bakal Teruskan ke Presiden dan Kementerian

Sebelumnya, Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN RI) menemukan kesenjangan distribusi minyak goreng Minyakita di Pasar Baru Karawang, Jum’at (23/6/2023).

Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN RI, Firman Turmantara Endipraja, mengatakan ia menemui pedagang yang tidak mendapati distribusi Minyakita.

“Untuk membandingkan, ternyata ditemukan perbedaan harga utamanya tentang minyak goreng, soal harga beda, soal ketersediaannya juga beda,” kata Firman seusai kunjungan edukasi pelayanan konsumen di Pasar Johar.

Ia pun mendapati selama satu bulan di Pasar Baru Karawang tidak mendapatkan Minyakita. Sehingga konsumen dengan berat memilih produk minyak goreng dengan harga yang lebih tinggi atau non curah.

“Soal minyak goreng, kami bandingkan tadi di Pasar Baru Karawang itu sudah satu bulan kekurangan Minyakita, kalau di sini (Pasar Johar, red) tidak ada masalah. Ini menjadi bahan masukan buat kami, kenapa bisa seperti itu,” ucap Firman.

Mendengar keluhan pedagang, ia bakal mencari rekomendasi ke pemerintah soal kekurangan distribusi Minyakita ke pemerintahan atau kementerian terkait.

“Ini problem yang harus kami carikan rekomendasi ke pemerintah, ke kementerian terkait,” tukasnya. (gma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: