Bulog Siaga Gelontorkan Beras SPHP ke Pasar Johar Karawang, Klaim Harga Beras Mulai Turun

Bulog Siaga Gelontorkan Beras SPHP ke Pasar Johar Karawang, Klaim Harga Beras Mulai Turun

Guna menyikapi perkembangan harga beras, Pemimpin Cabang Perum BULOG Karawang Umar Said menyatakan bahwa sudah sejak minggu lalu BULOG menggelontorkan komoditi pangan murah melalui PROGRAM BULOG SIAGA--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Guna menyikapi perkembangan harga beras, Pemimpin Cabang Perum BULOG Karawang Umar Said menyatakan bahwa sudah sejak minggu lalu BULOG menggelontorkan komoditi pangan murah melalui PROGRAM BULOG SIAGA (akSI Amankan HarGA) dengan terjun langsung ke masyarakat yang dilaksanakan di Wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten dan Kota Bekasi.

"Kegiatan ini merupakan respon konkrit BULOG untuk memberikan akses lebih luas ke masyarakat, sehingga masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan untuk memperoleh komoditi pangan murah," jelas Umar, Senin 26 Februari 2024.

BULOG SIAGA ini akan menjual beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan), Beras Premium dan komoditas pangan lainnya secara langsung kepada masyarakat di hampir 80 titik secara rutin harian dan terjadwal hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti di seluruh wilayah kerja BULOG Karawang.

"Program ini dilaksanakan guna mendekatkan pasokan beras ke masyarakat. Saya berharap kebutuhan masyarakat segera terpenuhi sehingga dapat sekaligus menekan belanja masyarakat yang akan berdampak pada harga beras bisa lekas stabil," tambah Umar.

BACA JUGA:Antisipasi Kecurangan, Bawaslu Kabupaten Bekasi Terus Awasi Rekapitulasi Suara di Tingkat PPK Secara Melekat

Seorang warga Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi bernama Diah (50) merasa sangat senang dengan program yang dilaksanakan BULOG hari ini di kelurahannya.

"Lumayan Bulog nyamperin kesini, jadi saya ga perlu jauh-jauh buat beli beras. Tadi saya beli beras SPHP, soalnya kualitasnya bagus, rasanya enak, pulen, dan lebih murah daripada kalau saya beli ke pasar," ujar Diah.

Lebih lanjut, Umar menekankan bahwa disamping beras SPHP yang digelontorkan langsung ke masyarakat. BULOG juga merasa perlu memastikan penyediaan pasokan beras di pedagang pengecer, pasar tradisional, dan retail modern.

"Sejak Januari 2024 hingga hari ini, 26 Februari 2024, BULOG Karawang telah menyalurkan beras SPHP sebanyak 2.600 ton. Jumlah tersebut sejak seminggu lalu telah kami hingga 2 sampai 3 kali lipat penyalurannya. Pasar Johar Karawang yang merupakan pasar grosir beras, telah digelontorkan beras SPHP sebanyak 200-300 ton per hari hingga total sekitar 2.000 ton hingga akhir Februari ini," tutur Umar.

BACA JUGA:DPRD Jabar Soroti Jumlah Ruang Kelas di SMA Negeri 3 Kota Bekasi Masih Minim

Umar juga menerangkan bahwa BULOG Karawang pun akan menyalurkan secara masif beras SPHP ke pedagang pengecer maupun pasar tradisional di luar pasar Johar sebanyak 100 sampai 150 ton per hari hingga total sekitar 1.000 ton hingga akhir Februari ini. 

"Selain itu, untuk memastikan pasokan tetap stabil di pasar retail modern, BULOG Karawang telah bekerja sama dengan 8 sampai 10 toko retail modern yang akan dilayani secara bergiliran sesuai dengan kebutuhan," kata Umar.

Pihaknya juga telah berupaya dengan membanjiri beras SPHP di Pasar Johar Karawang. Menurutnya, upaya ini cukup membuahkan hasil, berdasarkan pantauan, harga beras sudah mulai turun sebesar Rp 1.000 - Rp1.500 per kilogram.

Seorang pembeli beras bernama Rini, mengatakan bahwa harga beras di Pasar Johar Karawang kini sudah mulai turun dan lebih terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: