Kumpulan Latihan Seleksi Mandiri SMM PTN-BARAT 2023 Universitas Singaperbangsa Karawang

Kumpulan Latihan Seleksi Mandiri SMM PTN-BARAT 2023 Universitas Singaperbangsa Karawang

Universitas Singaperbangsa Karawang membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri untuk tahun ajaran mendatang.-Istimewa-

Universitas Singaperbangsa Karawang membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri untuk tahun ajaran mendatang. Proses penerimaan ini dilakukan berdasarkan SMM PTN-BARAT 2023, yang merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang diselenggarakan secara bersama antara perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Universitas Singaperbangsa Karawang berpartisipasi aktif dalam seleksi ini untuk memperoleh calon mahasiswa berkualitas.

 

Materi ujian dalam SMM PTN-BARAT 2023 terdiri dari dua jenis tes. Pertama adalah Tes Potensial Skolastik (TPS), yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di pendidikan tinggi. Tes TPS akan menguji kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan membaca dan menulis. Bagian kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

 

Selanjutnya, terdapat Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Tes literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan teks-teks dalam bahasa tersebut untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia yang kontributif kepada masyarakat.

 

Sedangkan tes penalaran matematika menguji kemampuan peserta dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dalam konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

 

BACA JUGA:Besok Hari Terakhir Pendaftaran Jalur Mandiri Unsika, Kampus Merah di Karawang, Cek UTBK SMM PTN-Barat 2023

 

Dalam SMM PTN-BARAT 2023, peserta tidak dibatasi dalam jumlah pilihan program studi. Para peserta dengan latar belakang pendidikan menengah atas dapat memilih hingga dua pilihan program studi pada satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN yang berbeda. Pilihan pertama tidak harus menjadi lokasi ujian tulis, namun disarankan agar peserta memilih lokasi ujian yang terdekat dengan tempat tinggal mereka saat ini. Urutan dalam pemilihan program studi menunjukkan prioritas pilihan peserta.

 

Bagi para calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Singaperbangsa Karawang, penting untuk memahami persyaratan pendaftaran dan prosedur yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi. Pastikan memenuhi persyaratan dan mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar. Semoga sukses dalam mengikuti seleksi dan berkesempatan untuk bergabung dengan Universitas Singaperbangsa Karawang dan melanjutkan studi di program studi yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: