Penyintas ODGJ di Jaticempaka Akhirnya Dirujuk ke RSJ Islam Klender, dr. Agung Ayo Melapor

Penyintas ODGJ di Jaticempaka Akhirnya Dirujuk ke RSJ Islam Klender, dr. Agung Ayo Melapor

Petugas gabungan dari Puskesmas dan Polisi saat akan melakukan evakuasi kepada salah seorang penyintas ODGJ di Jaticempaka, Pondok Gede Kota Bekasi, pada Senin (3/7/2023)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - BN (43) Penyintas Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kelurahan Jaticemapaka, Pondok Gede, Kota Bekasi akhir berhasil dievakuasi. Kekinian telah dirujuk ke RSJ Islam Klender Jakarta, 4 Juli 2023.

Evakuasi dramatis oleh Puskesmas Jaticempaka bersama aparat kepolisian dari dalam kamar rumah BN di Jalan Haji Basir RT06/RW02, Kelurahan Jati Cempaka, berhasil dilakukan setelah beberapa lama dilakukan.

Kepala Puskesmas Pondok Gede, dr. Agung mengatakan, evakuasi akhir berhasil tanpa ada perlawanan berarti setelah dicoba ditenangkan. Saat ini BN Orang Dalam Gangguan Jiwa atau ODGJ sudah berhasil dilakukan evakuasi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Islam Klender, Jakarta Timur.

BACA JUGA:Evakuasi Perderita ODGJ di Jaticempaka Kota Bekasi Berlangsung Dramatis

Dalam kesempatan itu pun dia mengajak warga yang di rumahnya ada ODGJ untuk melapor baik ke Kelurahan atau ke Puskesmas agar mendapatkan penanganan.

“Evakuasi yang dilakukan cukup dramatis, karena BN sempat mengamuk karena kondisi kejiwaannya tidak stabil dan sempat mengamuk. Jadi tadi sempat kita tenangkan dulu,” terang dr. Agung.

BACA JUGA:Kontingen Jabar Pimpin Perolehan Medali Fornas VII/2023

Evakuasi BN, kata dr. Agung bermula dari adanya laporan dari warga, karena sehari sebelumnya BN sempat membacok kaki adiknya. Dan setiap mengamuk BN selalu mau membakar rumahnya sehingga meresahkan.

“Ya, inilah bagian dari tugas kita Puskesmas yang langsung berkoordinasi dengan pihak Kelurahan, Satpol PP, Bimaspol, Penggiat ODGJ, Pamor, RT dan RW, sehingga BN kita evakuasi,” kata dr. Agung.

BACA JUGA:APT2PHI Pertanyakan Keseriusan Penyelesaian Revitalisasi Pasar Kranji Baru

Tak lupa, dr. Agung pun menghimbau kepada warga jika ada anggota keluarga yang mengalami gangguan kejiwaan sebaiknya segera dilaporkan sehingga bisa langsung segera ditangani sebelum keadaannya semakin parah.

“Jangan didiamkan. Karena kalau didiamkan kondisinya nanti akan semakin parah. Terima kasih untuk para pihak yang sudah membantu menevakuasi BN,” tandasnya.

BACA JUGA:Ineu Purwadewi Sundari Dukung Penanganan ODGJ dengan Penyediaan Panti Gratis

Pantauan dilokasi evakuasi, hadir Lurah Jati Cempaka, Amir BHMS, Kepala Puskesmas Pondok Gede, dr. Agung, Bimaspol Jati Cempaka, Aipda Berthes, Satpol PP, Ketua RT06, Rizky, Pamor, Awi, Maskur dan warga setempat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: