Ketum PKN Sebut Sosok Panji Gumilang Seorang Pancasilais yang Cinta Tanah Air

Ketum PKN Sebut Sosok Panji Gumilang Seorang Pancasilais yang Cinta Tanah Air

Ketua Umum PKN Dikaios Kaleb M.S, --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Polemik sosok Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu, Jawa Barat, masih menjadi perhatian publik.

Hal itu pun setelah Panji Gumilang menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri berdasarkan laporan Forum Advokat Pembela Pancasila (FAPP).

Ketua Umum  Perisai Kebenaran Nasional (PKN) Dikaios Kaleb M.S, memiliki pandangan berbeda dari sisi kenegaraan dengan menyebutkan sosok Panji Gumilang sebagai seorang pancasilais yang cinta tanah air. 

"Terkait Panji Gumilang, kita harus hati-hati untuk melihat isyu ini, karena secara kenegaraan dalam pandangan saya tidak ada yang dilanggarnya,"ungkap Dikaios Kaleb M.S Ketum PKN kepada KBE Rabu (5/7/2023).

BACA JUGA:Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang Pernah Dihukum 10 Bulan Penjara

Bagi Bang Rait sapaan akrabnya, mengatakan bahwa Panji Gumilang begitu gamblang mejelaskan terkait pemerintahan dan apa itu makna Pancasila dengan menekankan bahwa  masyarakat yang harus patuh tunduk kepada UUD 1945.

Menurutnya bahwa Panji Gumilang bukan lah seorang yang melawan hukum negara dalam konteks 'kepancasilaan' karena materi yang disebutkan setiap pidatonya tentang konsep pemerintahan semua jelas dan gamblang.

BACA JUGA:Polemik Al Zaytun, MUI Jabar Rekomendasikan Ditutup

"Tapi, jika terkait agama tentu saya no comment, karena saya seorang penganut agama Kristen,"ungkap Sirait saat berada di PN Agama Kelas IA Kota Bekasi.

Ia hanya berharap  jika ada yang tidak lurus dari sebuah konteks keyakinan agama biar majelis ulama atau negara yang menyelesaikan supaya ada titik terang dan polemik yang cukup menarik perhatian itu segera berakhir.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini pemerintah sudah hadir, bahkan Menko Polhukam Mahfud MD dan Gubernur Jabar bersama Majelis Ulama telah melakukan pendekatan. Harapannya semoga bisa segera selesai, dan tidak mengganggu stabilitas negara.

BACA JUGA:Dua Ustaz Kondang Ini Disebutkan Akan Dijadikan Saksi Terkait Dugaan Penista Agama Pimpinan Al Zaytun

Dalam kesempatan itu Ketua Umum PKN tersebut juga menanggapi terkait isyu menyebutkan bahwa Panji Gumilang di beking oleh beberapa petinggi negaara semisalkan seperti Hendro Priyono atau Moeldoko.

"Itu tidak mungkin, tapi jika kedua tokoh itu berteman dengan Panji Gumilang tentu hal wajar. Karena sosok Panji Gumilang yang cerdas dan kharimatik sebagai tokoh dan pimpinan Pondok Pesantren,"ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: