350 Warga Padasuka Keracunan Usai Santap Nasi Kotak di Acara Reses Anggota DPRD Kota Cimahi

350 Warga Padasuka Keracunan Usai Santap Nasi Kotak di Acara Reses Anggota DPRD Kota Cimahi

Pejabat Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan melihat langsung para korban keracunan di RSUD Cibabat dan RS Mitra Kasih Kota Cimahi, Minggu ( 23/07/23). --

Jabar, Disway.id- Sebanyak 268 warga Kelurahan Padasuka, Kecamatan Ciamahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat, keracunan makanan diduga usai menghadiri kegiatan reses anggota DPRD Kota Cimahi pada Sabtu, 22 Juli 2023. Ratusan warga tersebut kini menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di Cimahi.

"Sampai hari ini ada 268 pasien yang sudah terdata di kami. Yang dirawat di RSUD Cibabat ada 23 orang, RS Mitra Kasih 41 orang, RS Dustira 66 orang, RS Kasih Bunda 2 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini, saat dihubungi, Senin, 24 Juli 2023.

Menurut Dwihadi sebagian warga kini menjalani rawat jalan karena sudah membaik keadaannya. Namun Dinkes tetap melakukan pengawasan dan warga tersebut diwajibkan untuk segera datang ke puskesmas jika kembali merasakan gejala keracunan.

BACA JUGA:Dinas LH Tak Respon Soal TPS Liar dan Saluran Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

"Kalau pengawasan atau posko khusus tidak ada, hanya kita arahkan untuk observasi di puskesmas terdekat. Jadi mereka bisa datang ke puskesmas kalah merasakan gejala lagi," jelasnya.

Dia menuturkan kemungkinan jumlah warga yang keracunan akan bertambah. Hal itu dikarenakan peserta kegiatan reses anggota DPRD Kota Cimahi berjumlah 350 orang.

"Melihat eskalasi dari kemarin, mudah-mudahan tidak bertanbah. Tapi memang sampai pagi tadi masih ada yang bergejala cuma tidak terlalu berat. Disarankan kalau perlu kebutuhan penanganan bisa ke puskesmas terdekat," ungkapnya.

BACA JUGA:Disdik Jabar Evaluasi Menyeluruh Pelaksanaan PPDB 2023

Sementara Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, membenarkan jika ratusan warga yang keracunn tersebut usai mengikuti kegiatan reses anggota DPRD Kota Cimahi.

"Memang ini kegiatan yang berkaitan dengan DPRD Kota Cimahi," kata Dikdik kepada wartawan di komplek Pemkot Cimahi. 

Sementara itu DPRD Kota Cimahi hingga saat ini belum memberikan keterangan terkait dugaan keracunan 350 warga Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota cimahi

***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: