Kadis LH Akui Belum Tahu Soal Saluran Limbah Pabrik Bakso dan TPS Liar di DAS Cikeas Jatirangga

Kadis LH Akui Belum Tahu Soal Saluran Limbah Pabrik Bakso dan TPS Liar di DAS Cikeas Jatirangga

Penampakan pipa saluran pembuangan limbah Pabrik Bakso di Jatirangga, Jatisampurna, langsung dibuang ke Sungai Cikeas foto diambil saat gabungan pencinta lingkung melakukan susur sungai, pada 23 Juli 2023-foto amin-

Tak hanya itu, komunitas pencinta lingkungan dari berbagai unsur itu juga menemukan saluran pipa pembuangan limbah pabrik bakso yang langsung dibuang ke Sungai Cikeas. Fenomena itu pun tak kalah mengejutkan para peserta Susur Sungai.

BACA JUGA:Warga Jatirangga Keluhkan Dugaan Limbah yang Bersumber dari Pabrik Permen

"Kita susur sungai sebenarnya dalam rangka menjajaki potensi wisata air menggunakan jalur Sungai Cikeas. Tapi fenomena tumpukan sampah, dan saluran pembuangan limbah pabrik bakso yang melintasi CBD di Jatirangga itu cukup mengganggu,"ungkap Agus Pepeserta susur sungai dari NU Jatikarya kepada KBE.

Susur sungai dilakukan untuk menjajaki potensi wisata air seperti arung jeram menggunakan jalur Sungai Cikeas mulai dari Jembatan Mendu Jatirangga sampai ke Jatiasari. Tapi saluran limbah dan tumpukan sampah tepat dibadan kali tentunya cukup mengganggu.

BACA JUGA:350 Warga Padasuka Keracunan Usai Santap Nasi Kotak di Acara Reses Anggota DPRD Kota Cimahi

Menurutnya saluran Limbah dan Tumpukan sampah di bandan Sungai Ciekas tepat di Kelurahan Jatirangga itu cukup besar. Selain membuat pencemaran lingkungan juga mengganggu keasrian Cikeas jika dijadikan wisata arung jeram.

"Saya menduga ada pembiaran, karena tempat sampah itu diatas areal cukup luas dan keberadaannya sepertinya sudah lama. Tapi sepertinya dilakukan pembiaran,"ungkap dia.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: