Lurah Jatirangga Ajak Bersih-bersih Sampah di Sungai Cikeas, Ayo Hadir dan Catat Waktunya!

Lurah Jatirangga Ajak Bersih-bersih Sampah di Sungai Cikeas, Ayo Hadir dan Catat Waktunya!

Ahmad Affandi Lurah Jatirangga bersama tim meninjau langsung lokasi TPS Liar di RW 10, hasil kesepakatan TPS tersebut akan ditutup untuk dilakukan penataan, Kamis (27/7/2023)-foto Amin-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Lurah Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi, Ahmad Affandi mengajak warganya bergotong-royong membersihkan sampai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikeas yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor.

Aksi tersebut akan melibatkan pihak Kecamatan, RT/RW pegiat lingkungan hidup dan Pokdarwis dengan target melibatkan lebih ratusan orang dari lintas instansi yang akan digelar pada Sabtu 12 Agustus 2023.

"Kami sudah koordinasikan dengan semua pihak termasuk Pokdarwis, pegiat lingkungan, RT/RW dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi sendiri untuk menyiapkan armada. Untuk itu saya mengajak semua pihak ayo turun tunjukkan kepedulian kepada lingkungan,"ungkap Affandi, Seni (7/8/2023).

BACA JUGA:Akhirnya, TPS Liar di Jatirangga Akan Ditutup dan Dilakukan Penataan

Dikatakan bahwa dirinya pun telah menyiapkan karung untuk mengangkut sampah yang ada di DAS Sungai Cikeas. Kegiatan akan digelar hingga bantaran Kali Cikeas bisa bersih dari hamparan sampah plastik.

Menurutnya aksi bersih Kali Cikeas juga sebagai ajang sosialisasi kepada warga yang berada di bantaran kali terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sungai atau di bantaran kali Cikeas.

BACA JUGA:Sidak Pabrik Bakso di Jatirangga, Tim DLH Kota Bekasi Hanya Bertemu Keamanan

Aksi tersebut adalah bentuk kepedulian terkait lingkungan di DAS Sungai Cikeas yang setiap waktu selalu di penuhi sampah baik dari rumah tangga atau sampah bambu yang membuat aliran tersendat.

Sementara itu Camat Jatisampurna Nata Wirya secara terpisah menyampaikan dukungannya dan telah berkoordinasi dengan DLH Kota Bekasi terkait armada.

"Pihak DLH akan menyiapkan armada untuk mengangkut sampah untuk di bawa ke TPA Sumur Batu. Sehari DLH menyatakan kesiapannya untuk mengangkut 50 rit,"tegas Nata bahwa telah mendapat laporan kelurahan untuk mengerahkan seluruh RT/RW di Kelurahan Jatirangga.

BACA JUGA:Terungkap, Ternyata TPS Liar di DAS Cikeas Jatirangga Dikelola Empat Orang

Dikatakan bahwa aksi itu juga tindak lanjut dari lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Liar di lingkungan RW 10 Kelurahan Jatirangga yang sebelumnya dilaporkan. Lokasi tersebut akan dibersihkan dari tumpukan sampah yang saat ini menggunung.

"TPS Liar di RW 10 Jatirangga atas kesepakatan warga akan ditutup permanen. Sehingga melalui aksi 12 Agustus 2023 ini juga akan mengangkut deposit sampah yang ada terutama sampah yang turun di sungai Cikeas,"tegasnya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: