Pemerintah Buka 572.496 Formasi CPNS dan PPPK 2023, 80 Persen untuk Honorer, Sarjana Baru Harus Bersabar

Pemerintah Buka 572.496 Formasi CPNS dan PPPK 2023, 80 Persen untuk Honorer, Sarjana Baru Harus Bersabar

--

JAKARTA- Pemerintah buka 572.496 formasi CPNS dan PPPK 2023. Dari jumlah formasi itu 80 persen untuk tenaga honorer yang jumlahnya masih sangat banyak.

Lalu bagaimana untuk lulusan baru perguruan tinggi? Jawabannya seperti tahun-tahun sebelumnya harus bersabar.

Menanggapi hal ini, MenpanRB Abdullah Azwar Anas menjelaskan, pemerintah memprioritaskan tenaga honorer untuk masuk jadi ASN lantaran banyak diantaranya yang sudah penuh untuk waktu yang sangat lama.

"Maka dia perlu segera mendapatkan posisi, salah satunya PPPK. Dan ini jumlahnya bukan hanya ribuan, tapi mencapai jutaan," ungkap dia dikutip Selasa (8/8/2023).

BACA JUGA:KPK Jebloskan Rahmat Effendi ke Lapas Cibinong Kelas IIA

Sementara total 572.496 formasi CPNS dan PPPK tersebut, mayoritas atau sekitar 80 persen dialokasikan untuk tenaga honorer. Sementara sisanya diperuntukkan bagi para fresh graduate.

"Tahun ini posisinya 80:20, 80 persen untuk yang honorer untuk kita angkut, 20 persen untuk fresh graduate," ujar Anas.

 

Nasib Fresh Graduate

Sementara ia menambahkan, dirinya kerap dihubungi para lulusan baru yang ingin masuk ke pemerintahan. Anas pun kerap diiming-imingi bahwa mereka punya kompetensi yang sesuai dan dibutuhkan negara.

 

"Masa kami enggak dibuka formasinya udah beberapa tahun? Kalau enggak, republik ini jadi republik honorer kata mereka. Di WA saya, dia (fresh graduate) nyerbu terus ke saya lewat medsos terkait dengan fresh graduate yang tidak ada formasinya," ungkapnya.

 

Namun, Anas menilai formasi untuk para lulusan baru tersebut belum dibutuhkan oleh semua instansi, khususnya pemerintah daerah. Meski begitu, ia percaya ada sejumlah lowongan CPNS dan PPPK yang bisa diisi oleh para fresh graduate. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: