Ratusan Orang Dikerahkan Gerak Bersama Komunitas Bersih-bersih Sungai Cikeas di Jatirangga

Ratusan Orang Dikerahkan Gerak Bersama Komunitas Bersih-bersih Sungai Cikeas di Jatirangga

Ahmad Apandi Lurah Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Lurah Jatirangga Ahmad Apandi bersama berbagai komunitas pegiat lingkungan hidup mengajak masyarakat terjun untuk membersihkan Sungai Cikeas di Jatisampurna, Kota Bekasi pada Sabtu 12 Agustus 2023.

Lokasi kegiatan Gerak Bersama Komunitas (Gebrak) bersih-bersih Sungai Cikeas akan dipusatkan di Kelurahan Jatirangga tepatnya di lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang segera dilakukan penertiban.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder, kegiatan ini dilaksanakan Pokdarwis Jatirangga bersama komunitas. Kelurahan sifatnya hanya memberi support,","ungkap Lurah Apandi, kepada KBE Selasa 8 Agustus 2023.

BACA JUGA:Lurah Jatirangga Ajak Bersih-bersih Sampah di Sungai Cikeas, Ayo Hadir dan Catat Waktunya!

Kelurahan Jatirangga jelasnya akan membantu sarana seperti karung, sarung tangan dan lainnya sesuai kebutuhan.

Dikatakan bahwa giat ini juga menyongsong HUT RI ke-78 agar Sungai Cikeas bisa merdeka dari sampah. Hal lain bisa mengedukasi warga agar tidak membuang sampah sembarangan membuat sungai tercemar.

BACA JUGA:Akhirnya, TPS Liar di Jatirangga Akan Ditutup dan Dilakukan Penataan

Menurutnya, Gebrak bersih-bersih sampah di Sungai Cikeas selain mengundang berbagai komunitas. Pihak kelurahan Jatirangga telah mengintruksikan bagi seluruh RT/RW, dan Posyandu untuk turut serta dengan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas (KP2C) Tim Katak DLH Kota Bekasi, Kreatifitas Rumah Kreatif, Kampung Mandiri, dan banyak lainnya turun dalam giat tersebut.

"Kami sudah bertemu dengan pihak komunitas Pokdarwis Jatirangga untuk mematangkan rencana Gebrak Bersih-bersih Sungai Cikeas. Nanti tinggal dirapatkan menyeluruh melibatkan UPTD LH, Kecamatan pada Kamis ini,"papar Apandi usai bertemu beberapa komunitas.

Lebih lanjut dikatakan bahwa DLH juga telah menyatakan kesiapan terkait alat pengangkut. Karena targetnya deposit sampah pada TPS Liar di RW 10 Jatirangga akan kosong untuk dilakukan penataan.

BACA JUGA:Program PTSL di Kota Bekasi Fokus di Jatirangga, Ini Target Bidangnya

Camat Jatisampurna Nata Wirya sebelumnya telah menyampaikan dukungannya dan telah berkoordinasi dengan DLH Kota Bekasi terkait armada.

"Kepala Dinas LH Kota Bekasi telah bersedia untuk menyiapkan armada angkutan sampah ke TPA Sumur Batu. Targetnya sehari akan mengangkut 50 rit,"tegas Nata.

BACA JUGA:Jadi Kuliner Legendaris Karawang, Kenalan Yuk Sama Baso Atmo di Samping Rel Kereta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: