Demokrat Resmi Bergabung Koalisi Indonesia Maju

Demokrat Resmi Bergabung Koalisi Indonesia Maju

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hadir bersama elite Koalisi Indonesia Maju, di kediaman Prabowo/Ist--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Partai Demokrat dipastikan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) setelah resmi mundur dan menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan pasca Anies Baswedan resmi memilih Cak Imin sebagai Capres.

Sebelumnya kode bergabungnya  Demokrat tersebut dilemparkan oleh Partai Golkar. Hingga penegasan tentang bergabungnya Demokrat di KIM disampaikan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kepastian Demokrat bergabung ke KIM untuk mendukung pencalon Prabowo sebagai Presiden dalam Pilpres 2024 mendatang disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga.

"Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM), bukan sekadar isu. itu sudah pasti bahwa SBY lebih memilih Prabowo. Ini nyata," kata Viva dalam keterangannya kepada wartawan Minggu (17/9/2023).

BACA JUGA: Resmi Cabut Dukung ke Capres Anies, Demokrat Tunggu Waktu Tepat Umumkan Arah Baru

Dikatakan bahwa bergabungnya Demokrat ke KIM tentu disambut riang gembira. Apalagi Partai Demokrat menyatakan siap sedia bekerjasama, bergabung, dan berjuang bersama-sama di Koalisi Indonesia Maju.

Menurutnya bergabungnya Demorkat merupakan kabar gembira buat partai-partai di Koalisi Indonesia Maju. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut Demokrat dengan suka cita. 

"KIM akan menjadi koalisi besar. Manfaat elektoral yang diperoleh adalah, pertama, akan menambah basis konstituen koalisi," kata Viva.

BACA JUGA:Demokrat Ditelikung Anies dan NasDem, SBY Teringat Pribahasa Musang Berbulu Domba

Setiap anggota partai koalisi memiliki basis konstituen akan disinergikan dengan baik dan akan menambah perolehan suara sehingga peluang untuk menang pilpres akan semakin besar. 

"Kedua, kerja sama antara PAN, Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, dan lainnya secara empiris pernah terukir di pilpres sebelumnya sehingga tidak ada hambatan komunikasi dan kepentingan di antara anggota koalisi," kata Viva.

BACA JUGA:Capres Anies Disebut Gandeng Cak Imin, Demokrat: Ini Pengkhianatan Terhadap Semangat Perubahan

"PAN merasa semakin optimis dengan kehadiran Partai Demokrat akan menambah kekuatan politik dan energi baru yang semakin membuka peluang besar untuk memenangkan pilpres 2024,"tandasnya.

Diketahui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah mengundang seluruh ketua umum partai di Koalisi Indonesia Majudi Hambalang, Bogor rumah pribadinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: