Hantaru 2023, BPN Kota Bekasi Sampaikan Capaian 96,33 Persen Bidang Tanah Telah Terdaftar

Hantaru 2023, BPN Kota Bekasi Sampaikan Capaian 96,33 Persen Bidang Tanah Telah Terdaftar

Hantaru 2023 di kantor ATR/BPN Kota Bekasi, Senin 25 September 2023--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kepala Kantor ATR/BPN Kota Bekasi, Amir Sofwan menyampaikan pencapaiannya, bahwa 96,33 persen bidang tanah telah terdaftar dengan jumlah 677.311 bidang tanah.

Hal itu disampaikan dalam peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang nasional (Hantaru) 2023 di Kota Bekasi dengan menyampaikan bahwa masih tersisa sekitar 25.776 bidang tanah atau 3,67 persen lagi yang belum terdaftar. 

"Terhitung dari luas sekitar 21.478 Hadengan, dengan total sebanyak 703.087 bidang tanah,"ungkapnya dalam peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang pada Senin 25 September 2023. 

BACA JUGA:Garis Legal Indonesia Jasa Layanan Pembuatan Legalitas Perusahaan dan Perizinan Secara Online

Dikatakan bahwa Kementerian ATR/BPN juga mendorong pendaftaran tanah terhadap tanah wakaf dan rumah-rumah ibadah, seperti Gereja, Pura, Masjid dan sebagainya yang dilakukan tanpa terkecuali.

Sehingga lanjut dia, umat beragama dapat beribadah dengan tenang sebagaimana yang dijamin di dalam konstitusi.

Seperti diketahui, wakaf yang terdata sebanyak 1.593 mushola dan 1.109 masjid. Namun sertifikat wakaf yang sudah diterbitkan baru 882 sertipikat. Hal ini tentu dilakukan atas arahan Kementerian ATR/BPN dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. 

BACA JUGA:Saksikan Pertandingan Liga Satu, Pj Wali Kota Bekasi Pastikan Kesiapan GOR PCB

BPN Kota Bekasi tegas Amir, berkomitmen untuk melakukan kerja spartan, serta membangun sinergi dan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak.

Diketahui, saat ini Kementerian ATR/BPN telah berhasil mendaftarkan sebanyak 107,1 juta bidang tanah dari target 126 juta bidang tanah. Yang diharapkan pada tahun 2025, seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar.

Amir menambahkan, BPN memiliki program 'Danta' atau bahasa bekasi 'Jelas'. Adalah delivery sertifikat kepada masyarakat, danta pengirimnya dan danta siapa penerimanya.

"Mudah mudahan kita siap berjibaku menjalankannya," kata Amir.

BACA JUGA:Polda Pastikan Korban Tewas Kecelakaan Truk di Pintu Tol Bawean 3 Orang

Tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi, Junaedi mennyampaikan apresiasinya kepada BPN Kota Bekasi yang telah memiliki pelayanan dan kantor yang bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: