Sejarah Baru, Mari Fitriana Sosok Srikandi Pertama Pimpin KPU Karawang, Karirnya dari PPK Telukjambe Timur

Sejarah Baru, Mari Fitriana Sosok Srikandi Pertama Pimpin KPU Karawang, Karirnya dari PPK Telukjambe Timur

Ketua KPU Karawang baru, Mari Fitriana--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tak hanya Komisi Pemiliham Umum (KPU) Jawa Barat, yang dikomandoi seorang perempuan, Ummi Wahyuni.

Ternyata, Ketua KPU Karawang yang baru juga dipimpin sosok srikandi tangguh. Dia adalah Mari Fitriana.

Sebagai Ketua KPU wanita pertama di Kabupaten Karawang, Mari harus kerja cepat karena tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024 sedang berjalan. 

Penunjukan Mari sebagai Ketua KPU Karawang memang jadi catatan sejarah baru. Sebab sebelum-sebelumnya, Ketua KPU Karawang dipimpin kaum lelaki. Seperti Emay Ahmad Maehi dan Miftah memimpin dua periode.

Mari juga tercatat aktif sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan yaitu Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Telukjambe Timur bersama dua komisioner KPU Karawang lainya. Yakni, Putra Muhammad Wifdi Kamal di PPK Kotabaru dan Ahmad Subhi di PPK Batujaya

 

 

Dalam kesempatan itu, Mari mengaku bersyukur dipercaya untuk memimpin KPU Kabupaten Karawang dalam mengawal pesta demokrasi.

"Jadi memang saat ini kita bukan lagi sedang berlari, melainkan sedang sprint, berlari cepat. Karena kita sedang mengejar tahapan-tahapan yang sedang berjalan," tegas dia.

Mari menjelaskan ada sejumlah agenda yang harus segera dituntaskan. Satu di antaranya, penetapan daftar calon cepat (DCT). "Itu dilakukan pada tanggal 3 dan 4 November 2023," ucap dia.

Selanjutnya, koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah stacholder agar Pemilu 2024 berkualitas, lancar, kondusif, tanpa sengketa.

"Semuanya kita kebut. Hari ini saya di Jakarta sedang rakor finalisasi pengisian data calon anggota DPRD kota/kabupaten. Outputnya adalah persiapan DCT kemudian melakukan pengecekan, validasi ketepatan penulisan nama dan gelar," jelas dia.

Seperti diketahui, lima komisioner KPU Karawang periode 2023-2028 sudah dilantik oleh KPU  RI di Jakarta, Senin lalu. Kelimanya adalah Mari Fitriana, Ahmad Subhi, Ikmal Maulana, Kasum Sanjaya, dan Putra Muhammad Wifdi Kamal.

Usai dilantik, KPU Karawang langsung menggelar rapat pleno perdana di sekretariat KPU. Hasilnya, para komisioner KPU Karawang yang baru ini sepakat memilih Mari Fitriana sebagai ketua. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: