Rekapitulasi Kabupaten Bekasi Rampung, Ini Alasan KPU Bekasi Belum Umumkan Caleg Suara Terbanyak

Rekapitulasi Kabupaten Bekasi Rampung, Ini Alasan KPU Bekasi Belum Umumkan Caleg Suara Terbanyak

-Risky Cikarang Ekspres-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Rapat pleno terbuka rekapituasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten akhirnya rampung dari 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi pada Minggu 17 Maret 2024.

Hal itu seperti diutarakan Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido kepada Cikarang Ekspres pada Senin, 18 Maret 2024. 

Kata dia, pelaksanaan pleno tingkat kabupaten sudah selesai dan diakhiri dengan PPK Tambun Selatan (Tamsel).

"Alhamdulillah berjalan dengan baik sehingga kalkulasi dari semua jumlah lima jenis pemilihan telah selesai," tegas Ali Rido.

Ia mengungkapkan pada malam hari sebelumnya pihaknya sudah melakukan rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi di Jawa Barat.

"Semalam kita sudah melakukan pleno pembacaan tingkat provinsi dan Alhamdulillah berjalan dengan baik," ujar dia.

Ali Rido mengklaim ada peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 dibandingkan Pemilu 2019.

"Kelima jenis pemilihan yang kita lakukan khususnya di Kabupaten Bekasi. Dan alhamdulillah dari grande 2019 partisipasi sebesar 81,36% dan pada tahun ini Pemilu 2024 kali ini partisipasi tercatat tidak kurang dari 81,80% artinya meningkat dari 2019," sebut dia.

Meski begitu, Ali Rido mengaku kedepanya akan tetap memperbaiki semua yang menjadi kekurangan menjadi bahan evaluasi KPU Kabupaten Bekasi.

"Evaluasi atau catatan yang tidak terpisahkan bahwa tahapan pilkada sudah dimulai sebentar lagi pasca kita mendengarkan dan penetapan dari KPU RI pada tanggal 20 Maret 2024 nanti," tuturnya. 

Ali Rido pun menyatakan lembaganya tengah bersiap untuk mengikuti tahapan atau regulasi Pemilukada.

"Ya pantia ad-hock yang sudah berakhir pada 4 April 2024 akan kami seleksi kembali pengumumannya pada tanggal 17 April 2024," jelas dia.

Lebih jauh, Ali Rido menambahkan  pihaknya belum bisa mempublikasikan hasil perolehan suara pada caleg yang mendapatkan suara terbanyak. Hal itu lantaran hasil model D dari Kabupaten Bekasi baru bisa didownload.

"Syukur alhamdulillah sudah rampung di 5 jenis pemilihan jadi hasilnya nanti akan di publikasikan di website www.kpu.go.id ," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: