Disdik Jabar Lakukan Pembinaan Penerbitan Dokumen Kependudukan Untuk Sukseskan Pemilu 2024

Disdik Jabar Lakukan Pembinaan Penerbitan Dokumen Kependudukan Untuk Sukseskan Pemilu 2024

Wahyu Mija, Kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat.(Foto:Okky firmansyah/DiswayJabar)--

 

Jabar,Disway.id- Jabar menjadi provinsi dengan daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak se-Indonesia, dengan jumlah pemilih mencapai 35.714.901 orang. Sebanyak 1.123.373 suara, berasal dari pemilih pemula yang ada di SMA, SMK, SLB."

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya saat menjadi narasumber "Pembinaan Penerbitan Dokumen Atas Pelaporan Peristiwa Kependudukan dalam Rangka Sukses Pemilihan Umum Tahun 2024" di Hotel Arya Duta Kota Bandung, Senin (13/11/2023).

BACA JUGA:POR PGRI Tingkat Provinsi Jawa Barat, Bangun Sportivitas Dan Soliditas

"Pemilih pemula adalah warga negara Indonesia yang pada hari pemungutan suara sudah genap berusia 17 tahun atau lebih, sudah/pernah menikah, yang mempunyai hak memilih, dan sebelumnya belum termasuk pemilih karena ketentuan Undang-undang Pemilu," tuturnya.

Selain pemilih pemula, Kadisdik juga menerangkan tentang netralitas ASN dalam Pemilu 2024. "Setiap ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh mana pun dan tidak memihak kepada kepentingan siapa pun," tegasnya.

BACA JUGA:Kerja Sama Pemda Dengan Kampus ITB Cirebon, Jabar Optimalkan PSDKU

Di antaranya, tambah Kadisdik, tidak mem-posting, comment, share, like, follow grup/akun pemenangan bakal calon peserta pemilu. "Termasuk, dilarang berpose dengan mengacungkan jari dalam bentuk apa pun, kecuali mengepalkan tangan, "jelasnya.

Terkait Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 65/PUU-XXI/2023 yang memberi ruang kampanye di tempat pendidikan, Kadisdik menjelaskan, tempat pendidikan yang dimaksud merupakan perguruan tinggi yang meliputi universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi, dan akademi komunitas.

BACA JUGA:Kado Presiden Untuk Disdik Jabar, Jokowi Berharap Siswa SMKN Jabar Bisa Ikuti Arus Teknologi

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung ini juga diisi pemateri Ketua KPU Kota Bandung, Suharti. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: