Job Fair Expo SMKN Rajapolah, Disdik Jabar : Hadirkan Market Place Tenaga Kerja Lulusan SMK

Job Fair Expo SMKN Rajapolah, Disdik Jabar : Hadirkan Market Place Tenaga Kerja Lulusan SMK

Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Gelaran Job Fair Expo 2023 yang digulirkan SMKN Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, berlangsung meriah. 

Betapa tidak, ada seribuan lowongan pekerjaan disiapkan oleh 20 perusahaan yang ikur Job Fair Expo 2023 tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Wahyu Mijaya melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Jabar, Dedi Suryadin mengatakan kedepannya sekolah diharapkan mampu menghadirkan aplikasi market place untuk tenaga kerja lulusan SMK yang memuat profil calon tenaga kerja dan kompetensinya. 

"Kalau perusahaan dan industri memerlukan tenaga kerja dapat dengan mudah menemukan calon karyawan yang sesuai dengan kiteria posisi yang mereka butuhkan," ujar dia dalam sambutanya pada 15 November 2023.

Selain itu, dirinya juga mengajak para pemimpin wilayah sekitar yang turut hadir dalam Job Fair Expo 2023 juga untuk membatu menyusun tracer study. Hal itu penting untuk memenuhi data warga yang sudah atau belum bekerja.

"Nantinya untuk membantu memetakan gambaran kebekerjaan disetiap wilayah secara tepat dan sesuai," ucap dia.

Sementara itu, Kepala SMKN Rajapolah  Sri Nurhayati menuturkan Job Fair ini merupakan bagian dari jawaban atas fenomena atas lulusan SMKN yang selama ini disinyalir menjadi penyumbang terbesar pengangguran di Indonesia. 

"Dengan mengandeng banyak perusahaan serta industri mitra, bersama-sama mengelar dan membuka kesempatan kerja bagi para alumni dan lulusan terutama yang berada di wilayah Tasikmalaya Raya. Tentu garapannya dapat menyerap lulusan sebanyak-banyaknya, menjadi jembatan bagi mereka meraih kesempatan mengapai sukses dan cita-citanya," imbuh dia.

Job Fair Expo 2023 yang bertajuk menjelajahi pejuang menetapkan tujuan ini kerjasama antara Komite SMKN Rajapolah,  Muspika Kecamatan, Kepala Desa se-Kecamatan Rajapolah,  Forum Bursa Kerja Khusus (FBKK) Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. 

Adapun 23 perusahaan yang ikut memeriahkan dan membuka lowongan kerja. Di antaranya, Yogja Group, PT. Tasco Sejahtera Abadi, PT. Parangon (Wardah Group), Buana Kasiti Group, PT. Lotus Lingga Pratama, PT. Pama Persada, PT. Cemco Harapan Nusantara.

Kegiatan Job Fair Expo juga sebagai ajang pentas kreasi dan panen karya pembelajaran PS (Penerapan, Projek, Profil, Pelajar, Pancasila) bagi seluruh siswa SMKN Rajapolah. Sajian pentas seni, pameran kreasi dan bazar menjadi bentuk panen karya yang menunjukan hasil belajar, yang bermakna di tampilkan dalam berbagai bentuk exspresi yang mengandung nilai pendidikan dan pembentukan karakter. 

Sajian seni wayang golek menjadi puncak karya yang di tampilkan salah seorang siswa SMKN Rajapolah tampil sebagai dalang Dika Ajen Suardana (Dika Mahardika). (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: