Plesiran DPRD Purwakarta Habiskan APBD 4,8 Miliar, Berikut Data Lengkap Biaya, Lokasi dan Penginapananya...

Plesiran DPRD Purwakarta Habiskan APBD 4,8 Miliar, Berikut Data Lengkap Biaya, Lokasi dan Penginapananya...

Penjabat Bupati Benni Irwan bersama pimpinan dan anggota DPRD Purwakarta. (Istimewa)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sekretariat DPRD Kabupaten Purwakarta, kembali alokasikan perjalanan dinas (perjas) ke luar daerah tahun 2023 mencapai Rp 4,8 Miliar. 

Padahal, kasus korupsi yang menyerat Sekretariat Dewan (Setwan) di DPRD Purwakarta telah terjadi dua kali yakni 2017 dan 2019.

Informasi yang dihimpun tim Karawang Bekasi Ekspres, biaya perjalanan dinas luar dalam provinsi. Mulai dari uang harian, biaya transportasi, akomodasi, biaya penginapan.

Lokasinya tersebar di Banten yang terdiri atas Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Tanggerang dan Kota Tanggerang Selatan.

Untik wilayah Jawa Barat (Karawang, Kokab Cirebon, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Tasikmalaya, Garut, Kabupaten Bandung);  Brebes dan Tegal dari Provinsi Jawa Tengah; Sleman-DI Yogyakarta; Kota Malang dan Kota Batu dari Jawa Timur. 

Bahkan, ada yang keluar pulau Jawa seperti Kota Gowa, Makasar, Mataram, Lombok Utara.

Adapun rinciannya sebagai berikut. Belanja sewa hotel kunker Komisi I DPRD Purwakarta ke DPRD Kabupaten Serang senilai Rp 7,2 juta, belanja sewa hotel Komisi II ke DPRD Kabupaten Serang sebesar Rp 8,6 juta, belanja sewa hotel Komisi III ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang capai Rp 9,2 juta dan belanja sewa hotel Komisi IV ke DPRD Kota Serang sebesar Rp 9,2 juta. Semuanya menginap di PT Sari Asri Hotel atau Le Dian Hotel & Cottegges.

Kemudian, kunker Komisi I dan Komisi II DPRD Purwakarta ke DPRD Kabupaten Karawang dengan belanja sewa penginapan di Hotel Salak dengan masing-masing anggaran Rp 5,7 juta.

Kunker Komisi III DPRD Purwakarta ke Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang serta DPRD Kabupaten Sumedang dengan penginapan di Hotel Asri Sumedang senilai Rp 3,2 juta. Kunker Komisi IV DPRD Purwakarta ke DPRD Kabupaten dan Kota Cirebon dengan belanja sewa penginapan di Hotel Prima Cirebon Rp 7,1 juta.

Selanjurnya, Kunker AKD Komisi I ke DPMPTSP dan Satpol PP Batam di Hotek Grand I Batam menelan biaya Rp 25,2 juta, kunker AKD Komisi II ke DPRD Kota Gowa dan Kota Makasar di Hotel Aston Makasar senilai Rp 31,9 juta, AKD Komisi III ke Dishub Kota Mataram dan DPRD Kabupaten Lombok Utara dengan biaya penginalan Rp 81 juta di Hotel Sharaton Senggigi, kunker AKD Komisi IV ke DPRD Kota Malang dan DPRD Kota Batu dengan belanja sewa penginapan di Hotel Aston Inn Batu senilai Rp 37,1 juta.

Sementara biaya BBM dan tol untuk kunker komisi I ke DPRD Kabupaten Serang Rp 4,3 juta, BBM dan tol kunker Komisi II ke DPRD Serang Rp 4,1 juta, BBM dan tol Komisi III ke DLH Kota Serang Rp 5,9 juta, BBM dan tol kunker komisi IV ke DPRD Kota Serang Rp 4,5 juta dan tambahan biaya kunker komisi II ke DPRD Kabupaten Pandeglang Rp 800 ribu.

Kunker AKD Komisi I ke DPMPTSP, Satpol PP Kota Batam lewat agonda senilai Rp 5,3 juta, sewa hotel Horison Tasikmalaya untuk kunker Komisi I, II dan III ke DPRD Kota Tasikmalaya dengan masing biaya senilai Rp 5,7 juta. Sedangkan komisi IV di tempat yang sama mencapai Rp 7,7 juta. 

Kunker ke DPRD Kota Serang, komisi I dan II DPRD Purwakarta untuk sewa penginapan Horison Ultima Ratu masing-masing di angka Rp 8,4 juta dan 7 juta.

Sedangkan kunker ke DPRD Kabupaten Serang, Komisi III dan IV DPRD Purwakarta masih  memilih Horison Ultima Ratu dengan biaya masing-masing Rp 5,6 juta dan 9 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: