Seleksi CPNS Dimulai, Waktunya Bisa Tiga Kali Untuk Tahun 2024, Yuk Persiapkan Diri Anda!

Seleksi CPNS Dimulai, Waktunya Bisa Tiga Kali Untuk Tahun 2024, Yuk Persiapkan Diri Anda!

Seleksi CASN Tahun 2024--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat, 5 Januari 2024, dengan total formasi 2,3 juta.

Formasi CPNS yang dapat dilamar oleh _fresh graduate_ sebesar 690.822 formasi. 

 

Jokowi jug menyatakan komitmen pemerintah untuk menuntaskan penataan tenaga non-ASN berdasarkan _database_ BKN. Hal ini sebagaimana amanat Undang-Undang No. 20/2023 tentang ASN

Menilik kondisi tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyiapkan sejumlah teknis. 

Seperti har ini Selasa 9 Januari 2024, Kementerian PANRB melaksanakan Bimbingan Teknis Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024 di Jakarta.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja menegaskan terkait arah kebijakan dan urgensi pemenuhan ASN tahun 2024, proyeksi penyelesaian tenaga non-ASN, proyeksi kebutuhan ASN tahun 2024, optimalisasi pengisian ASN, serta alur perencanaan kebutuhan ASN tahun 2024. 

"Kalau kita lihat dari komposisi pegawai kita ini terus berkembang seiring dengan penambahan atau formasi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Oleh sebab itu, yang menjadi _concern_ ini adalah bagaimana pemenuhan SDM kita ini dilakukan secara tepat dan sesuai kebutuhan riil," ujarnya.

Aba menguraikan tahun ini pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi _fresh graduate_ untuk mengikuti seleksi, baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya.

"Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi berdampak bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM," jelasnya.

Sementara itu, Aba menjelaskan untuk pengusulan kebutuhan ASN tahun 2024 dijadwalkan akan dibuka sampai dengan 31 Januari 2024. Pengusulan tersebut harus disampaikan kepada Kementerian PANRB melalui aplikasi formasi elektronik (e-formasi).

Terkait jadwal pelaksanaan rekrutmen CASN 2024, Aba menjelaskan direncanakan akan digelar dan jika memungkinkan dapat dilakukan paling banyak 3 kali dalam satu tahun.

Untuk tahap pertama pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 yang terdiri dari seleksi CPNS dan PPPK, dilaksanakan pada bulan Mei 2024, dan untuk tahap pertama diharapkan semua K/L/D dapat memasukkan data dalam platform digital.

"Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya," tukas Aba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: