Pulihkan Ekonomi hingga Kendalikan Banjir, Padat Karya Kabupaten Bekasi Berlanjut ke 40 Titik

Pulihkan Ekonomi hingga Kendalikan Banjir, Padat Karya Kabupaten Bekasi Berlanjut ke 40 Titik

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Upaya mengurangi resiko banjir di wilayah Kabupaten Bekasi, terus digaungkan Pemkab setempat.

Satu di antaranya, kegiatan padat karya pembersihan saluran air irigasi di 40 titik Kabupaten Bekasi 

Selasa 28 November 2023, Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan meninjau langsung kegiatan pembersihan lingkungan di dua lokasi, yakni Desa Sukamakmur Kecamatan Sukakarya dan Desa Sukabudi Kecamatan Sukawangi.

Peninjauan bersama Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDA BM-BK) Kabupaten Bekasi Hendri Lincoln itu diikuti puluhan masyarakat sekitar untuk membantu normalisasi sungai.

Kata Dani Ramdan, terdapat kebermanfaatan yang optimal untuk lingkungan, seperti saluran air teririgasi dengan baik, sampah yang menumpuk dapat terangkut, serta mengurangi resiko banjir dan bencana kekeringan.

“Hadirnya program padat karya ini memiliki kebermanfaatan untuk masyarakat juga, seperti saluran air bisa teririgasi dengan baik, mengurangi dampak banjir dan kekeringan, mengaliri sawah, dan sampah bisa terangkut,” jelas dia.

Kepala BPBD Jabar ini meyakini kurangnya edukasi kepada masyarakat terkait kepedulian lingkungan yang tidak bisa diberikan dalam satu kali pemahaman. Namun, upaya tersebut akan terus didorong untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama persoalan sampah.

“Untuk pemahaman tidak membuang sampah di kali ini tidak cukup hanya sekali pemahaman, namun tentu upaya tersebut akan kami dorong kesadarannya. Ke depan juga akan ada penegakkan hukum,” katanya.

Melalui program padat karya yang menjadi salah satu prioritas nasional sesuai arahan Presiden RI ini, mampu melibatkan peran aktif masyarakat dalam upaya memberdayakan masyarakat dan memajukan daerahnya masing-masing.

Sesuai dengan tujuan utama dari program padat karya adalah menciptakan lapangan kerja, menekan angka pengangguran, dan mampu meningkatkan perekonomian kesejahteraan bagi masyarakat. 

Diketahui sebelumnya, Pemkab Bekasi melaunching padat karya dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat di Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan pada 15 Desember 2022 silam. Program padat karya tahun 2022 ini diikuti 50 desa se-Kabupaten Bekasi.

Sekda Dedi Supriyadi mengatakan, program padat karya ini terkait kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya di Kabupaten Bekasi. Adapun kegiatan-kegiatan utamanya adalah pengendalian banjir, membersihkan drainase, saluran air dan lain sebagainya.

”Karena beberapa hari yang lalu di perumahan Wahana dan BCM terjadi adanya banjir, tentunya sangat mengganggu dan kerugian bagi warga sekitar. Jadi disinilah titik lokasi kegiatan padat karyanya,” ujar dia.

Dedi menjelaskan, anggaran padat karya ini bersumber dari APBD Perubahan Tahun 2022, per titiknya mencapai kurang lebih Rp 95 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: