Novel Penuh Nilai Filsafat, Kenalan Yuk Sama 'Dunia Sophie'

Novel Penuh Nilai Filsafat, Kenalan Yuk Sama 'Dunia Sophie'

Novel Penuh Nilai Filsafat, Kenalan Yuk Sama 'Dunia Sophie' --

Kelebihan buku :

Kelebihan buku ini adalah memaparkan setiap pemikiran filsuf dari setiap era, mulai dari klasik hingga kontemporer menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang yang sama sekali belum pernah belajar filsafat.

 

Kekurangan buku :

Kekurangan buku ini adalah alurnya yang terlalu berbelit-belit membuat pembaca menjadi bosan. Buku ini kurang daftar istilah atau glosarium dan terjemahan berbagai kata atau istilah asing yang berasal dari para filsuf. Barangkali apabila ditambahkan footnote atau catatan kaki yang menjelaskan beberapa kata atau istilah asing tersebut, akan memudahkan pembacanya dalam memahami dan membaca buku ini.

 

Dalam novel Dunia Sophie, kita seakan membaca novel sekaligus mengenal dan

memperdalam sejarah filsafat, serta kita akan disuguhkan dengan bermacam pertanyaan seorang filsuf yang mana segala pertanyaan itu mengacu pada pemikiran rasional. Dengan kata lain, pembaca akan berpikir secara logis sesuai akal pikiran yang dimilikinya. Menurut pengalaman saya, setelah membaca buku ini pembaca seakan berpikir layaknya seorang detektif yang berupaya untuk menerka atau menduga-duga terkait apa yang akan terjadi pada bab-bab berikutnya, sampai akhirnya pun secara tidak sadar kita telah menyelesaikan novel ini dan mempelajari banyak ilmu filsafat, salah satunya mencari tahu kebenaran akan kehidupan ini.

 


Rheni Qurnila (132310065) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Universitas Pelita Bangsa--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: