BNPB Hadir di Flotim Tinjau Lokasi Pengungsian, Serahkan Dukungan Darurat

BNPB Hadir di Flotim Tinjau Lokasi Pengungsian, Serahkan Dukungan Darurat

BNPB Hadir di Flores Timur Tinjau Lokasi Pengungsian Hingga Serahkan Dukungan Penanganan Darurat Erupsi Gunungapi Lewotobi Laki-Laki.--

BACA JUGA:Marry My Husband Episode 2 Sub Indo, Drakor yang Diadaptasi dari Webtoon, Link Streaming Legal, Cek Yuk

“Secara keseluruhan aman. Permakanan lengkap. Tadi saya juga sempat menggoreng pisang,” kata Lilik.

Hal serupa juga dilihat Lilik di lokasi pengungsian lain yakni di Desa Boru. Pengungsian yang tersebar di beberapa titik itu telah menampung lebih dari 2.000 jiwa. Dari dua pengungsian besar itu telah terdapat gudang yang menampung logistik dan peralatan bagi warga.

"Dua pengungsi besar sudah punya gudang logistik,” ungkap Lilik.

Di samping itu, pelayanan kesehatan juga berjalan dengan baik. Bahkan Lilik memastikan langsung dengan pihak Dinas Kesehatan Kecamatan Wulanggitang bahwa pasokan obat-obatan telah tersedia lengkap.

BACA JUGA:Drama Korea My Happy Ending Episode 2 Subtitle Indonesia, Tenang Link Nonton Sudah Legal

Lebih lanjut, posko kesehatan itu juga memberikan rujukan bagi warga yang memiliki keluhan berat kesehatan dan dapat berlaku di sejumlah rumah sakit besar di sana. Untuk yang memiliki keluhan kesehatan ringan, maka dapat dibantu dengan obat-obatan dan rawat jalan.

“Standar Operasional Prosedur (SOP) posko kesehatan di sini juga sangat baik. Jadi bila ada warga yang memiliki keluhan kesehatan ringan akan didukung dengan obat-obatan lengkap. Bagi yang memiliki keluhan berat akan diberikan rujukan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit besar,” jelas Lilik.

Lebih lanjut, tim dari Dinas Sosial dan Polsek Wulanggintang juga secara berkala memberikan pelayanan psikososial bagi anak-anak maupun warga pada umumnya.

Deputi Logpal pada kesempatan itu juga menyempatkan diri berdialog dengan anak-anak pengungsi. Lilik menyebut bahwa kondisi mereka sangat baik dan justru senang karena dapat berkumpul dengan teman-teman dan permakanan sangat melimpah.

BACA JUGA:Drama Korea My Demon Episode 10 Subtitle Indonesia, Untuk Link Legal Ada Dibawah Sini

“Anak-anak mengaku senang berada di pengungsian karena bisa berkumpul dengan teman-temannya. Apalagi makanan di sini juga sangat melimpah. Tidak ada tanda-tanda yang mengarah pada permasalahan psikososial. Karena Dinsos dan Polsek selalu memberikan pendampingan,” kata Lilik.

Terkait kegiatan belajar dan mengajar yang terhenti sementara karena dampak bencana, Deputi Logpal mengatakan bahwa saat ini pihak Pemda setempat tengah mempersiapkan tenda pengungsian untuk menampung para pengungsi yang menempati gedung-gedung sekolah.

Sehingga jika hal itu dapat dilakukan, seluruh aktivitas belajar mengajar dapat dilanjutnkan, tentunya dengan mempertimbangkan aspek keselamatan sebagai yang utama.

"Kita siapkan pengungsian yang baru. Setelah tanggal 9 mereka bisa ditempatkan yang baru sehingga anak-anak bisa lanjut sekolah. Dengan catatan jika kondisi aman,” kata Lilik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: