Rencana Perluasan RSUD Kabupaten Bekasi, Memasuki Pembebasan Lahan

Rencana Perluasan RSUD Kabupaten Bekasi, Memasuki Pembebasan Lahan

Rencana perluasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi memasuki babak baru. Terkini terkait proses perluasan dalam waktu dekat secara bertahap akan dilakukan proses pembebasan lahan setempat.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Rencana perluasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi memasuki babak baru. Terkini terkait proses perluasan dalam waktu dekat secara bertahap akan dilakukan proses pembebasan lahan setempat.

"Jadi terkait rencana dilakukanya pembebasan lahan akan bertahap, beberapa luas dahulu, kemudian dilanjutkan tahun depan itu yang saya tau karena kewenangan nya di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) rencana pembebasan tahun ini," kata Wakil Direktur RSUD Kabupaten Bekasi Dr.Lilah Muflihah kepada Cikarang Ekspres pada Kamis (04/01).

Lilah menuturkan untuk rencana perluasan lahan dan penambahan sarana prasarana gedung di RSUD Kabupaten Bekasi kedepan bertujuan guna mengoptimalisasikan layanan kesehatan masyarakat Kabupaten Bekasi.

Kendati dilakukan nya perluasan rumah sakit milik pemerintah daerah itu, sambung Lilah, dirasa penting mengingat dari segi luas rumah sakit hanya memiliki luas area 2,4 hektar dan hanya memiliki 280 ruangan tempat tidur. 

BACA JUGA:Mato Seihei No Slave Episode 1 Subtitle Indonesia, Link Nonton Streaming Legal, Jadi Kamu Gak Perlu Ribet

"Sesuai Permenkes, seharusnya butuh empat sampai lima hektar lahan dengan kapasitas ruangan lebih dari 300 ruangan tempat tidur. Oleh karena itu, kami RSUD telah mengajukan perluasan lahan," kata dia.

Seperti diketahui, rumah sakit milik pemerintah ini melayani keterbutuhan layanan kesehatan masyarakat se-Kabupaten Bekasi. Saat ini kondisinya dirasa sangat membutuhkan perluasan area.

"Walaupun pasien tau ruang ICU itu penuh karena kepercayaan pasien kepada RSUD Kabupaten Bekasi itu sudah tinggi, sehingga pasien itu banyak ke rumah sakit ini." kata Lilah.

Meski begitu, Lilah menyampaikan setelah pembebasan lahan sekitar empat sampai lima hektare selesai, Kedepan rencananya pula sarana prasarana penunjang lainnya di RSUD Kabupaten akan dibangun poliklinik terpadub satu pintu.

BACA JUGA:BNPB Hadir di Flotim Tinjau Lokasi Pengungsian, Serahkan Dukungan Darurat

"Rencananya setelah diperluas, RSUD Kabupaten Bekasi berencana akan membuat poliklinik satu pintu kemudian ruangan unit jantung terpadu," ucap dia.

"Unit jantung terpadu itu untuk pemasangan ring, jadi disitu ada ruang catlab lalu ada juga ruang icu dan ada ruang pemulihan sampai pasien itu pulih." sambungnya.

Namun demikian, hingga berakhir dengan dilakukannya proses pembangunan gedung atau ruang baru akan berlangsung pada tahun 2026 mendatang.

"Tahun 2026 baru ada pembangunan. Jadi sampai tahun 2025 rencana dilakukan pembebasan lahannya. Melihat karena lahannya juga cukup luas dan harganya pun lumayan mahal dengan lahan posisinya dipinggir jalan." ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: