Tokoh Masyarakat Ini Murka PT Pindo Deli 2 Absen RDP DPRD Karawang, Tuntutannya Tutup Permanen atau Relokasi

Tokoh Masyarakat Ini Murka PT Pindo Deli 2 Absen RDP DPRD Karawang, Tuntutannya Tutup Permanen atau Relokasi

Ketua Tim 11 Domo Sutisna Tuntut Tutup Permanen atau Relokasi. Foto ; Siska Purnamasari/KBE--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -  Masyarakat Desa Kutamekar dan Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, kecewa demgan PT. Pindo Deli 2 yang absen dalam undangan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama DPRD Kabupaten setempat pada Selasa, 30 Januari 2024.

Mereka pun meminta Departemen Caustic Soda anak usaha Sinarmas itu untuk ditutup secara permanen atau segera direlokasi.

Hal itu seperti diutarakan langsung seorang warga Desa Kutamekar bernama Domo Sutisna (52). Kata dia, pihaknya hanya menuntut hak sebagai warga yang terdampak kebocoran gas caustic soda di PT. Pindo Deli 2.

"Dan masyarakat kami, meminta agar Departemen Caustic soda itu ditutup secara permanen. Karena dampaknya sangat luar biasa, sebab taruhannya nyawa," ketus tokoh masyarakat setempat.

Artinya, tegas Darmo, masyarakat Desa Kutamekar dan Desa Kutanegara tidak meminta PT. Pindo Deli 2 ditutup secara keseluruhan namun hanya meminta untuk menutup Departemen Caustic Soda.

"Jadi kita bukan mau tutup pabrik, tapi kami hanya minta departemen caustic soda ini ditutup,l atau silahkan direlokasi ke tempat lain. Yang jelas jangan di wilayah kami. Karena kebocoran gas ini bukan hanya kali ini saja. Tetapi sudah lima kali terjadi. Dan ini musibah besar bagi kami," beber Domo.

Sebagai Ketua Tim 11 yang hadir RPD DPRD Karawang bersama ratusan masyarakat  Desa Kutamekar dan Kutanegara, ia secara khusus apreasiasi tinggi atas tindakan tegas bupati yang tertkan SK penutupan sementara seluruh kegiatan di departemen caustic soda.

Namun, dirinya terus mendesak agar departemen caustic soda tersebut harus ditutup secara permanen atau direlokasi.

"Semoga Pemkab Karawang dapat bertindak tegas dan berpihak kepada kami. Karena kami tidak mau kebocoran gas caustic soda ini terulang lagi dan menimpa masyarakat," kata Domo. (Siska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: