Jelang Pelaksanaan Pemilu 2024, Komisi II DPR RI Cek Kesiapan KPU, Bawaslu dan Pemkab Karawang

Jelang Pelaksanaan Pemilu 2024,  Komisi II DPR RI Cek Kesiapan KPU, Bawaslu dan Pemkab Karawang

Komisi II DPR RI melakukan pengecekan kesiapan KPU, Bawaslu dan Pemkab Karawang menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Komisi II DPR RI melakukan pengecekan kesiapan KPU, Bawaslu dan Pemkab Karawang menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa dan rombongan memberikan arahan di Aula Kantor Bupati Karawang dan melakukan pengecekan di gudang logistik KPU Karawang, Rabu (7/2/2024). 

"Pengecekan ke gudang logistik baik untuk kotak suara maupun kertas suara tadi dari sisi kerusakan adanya itu di bawah 1 % baik kotak suara maupun  surat suara. Jadi kecil sekali lah ya dan KPU kabupaten Karawang sudah melakukan perbaikan dengan cara mengirim yang rusak logistik yang rusak ke KPU RI dan meminta untuk proses pergantian itu dari sisi apa logistik dari sisi kerusakannya," kata Saan. 

Saan juga menegaskan, supaya KPU juga memperhatikan pengiriman dan penyimpanan logistik mengingat saat ini merupakan musim penghujan. 

BACA JUGA:PLN UP3 Karawang Gelar Briefing Edukasi K3-Peningkatan Pelayanan ke Pelanggan untuk Petugas Mitra Kerja

"Jadi dia harus pastikan gudang gudang tempat penyimpanannya itu aman dari banjir, aman dari kebocoran  apa akibat hujan yang deras dan sebagainya," kata Saan. 

Dalam pemantauan yang dilakukan Komisi II DPR RI juga, Saan menegaskan kepada Pemkab Karawang soal netralitas ASN. 

"Kalau netralitas di ASN tadi  yang disampaikan pak Asda maupun oleh KPU sejauh ini tidak ada persoalan kalau pun ada 1 temuan misalnya Bawaslu di kecamatan Tirtajaya itu lebih pada hubungan sifatnya pribadi karena ada saudaranya nyalon  apa dilegislstif ya mungkin bangga tiap posting ya," kata dia. 

Kemudian yang perlu diperhatikan menurut Saan adalah mengenai masa tenang. Bagaimana hal itu sangat rawan dengan munculnya politik uang. 

BACA JUGA:Hadapi Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Kabupaten Karawang Gelar Bimtek PTPS ke 6.890 Petugas

"Justru kita minta ke KPU Bawaslu dan juga Gakumdu nanti dimana dimasa tenang ini benar benar harus menjadi apa pengawasan ektra, karena ini rawan  dengan yang namanya money politik jadi pergerakan justru sudah tidak ada kampanye tapi yang bergerak adalah money politik untuk mempengaruhi dan terkait dengan itu semua pengawasannya harus lebih maksimal dilakukan oleh Bawaslu," kata dia.

Komisioner Bawaslu RI, Lolly Suhenti menyatakan dalam hal ini menjelang masa tenang nanti pihaknya akan melakukan monitoring bersama guna mengingatkan terkait potensi dugaan pidana, termasuk para ASN yang tidak bersikap netral. Selain itu, Lolly juga mengingatkan KPU Karawang untuk menyiapkam gudang logistik semakin lebih steril.

"Sterilisasi gudang logistik adalah sebuah keharusan. Terutama saat ini tengah musim hujan. Harus ada pengamanan ekstra. Kenapa begitu, misalnya begini, DPT yang tidak akurat berpotensi hilangnya hak pilih orang lain, logistik yang tidak akurat berpotensi orang lain merusak hak pilih orang yang dia inginkan, sehingga ini sama-sama krusial," papar Loly.

Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana menyampaikan kunjngan reses ini Komisi II DPR RI tersebut bertujuan untuk memastikan persiapan dari KPU, Bawaslu, dan Pemerintah Kabupaten Karawang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/