Gandeng Komite Ekonomi Kreatif, Disparbud Kabupaten Karawang Gelar KURASI Seni Pertunjukan Khas Karawangan

Gandeng Komite Ekonomi Kreatif, Disparbud Kabupaten Karawang Gelar KURASI Seni Pertunjukan Khas Karawangan

Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Karawang menggandeng Komite Ekonomi Kreatif mengadakan KURASI Seni Pertunjukan Khas Karawangan. Para pelaku seni masih beramai-ramai mengikuti tahapan pendaftaran yang masih berlangsung.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Karawang menggandeng Komite Ekonomi Kreatif mengadakan KURASI Seni Pertunjukan Khas Karawangan. Para pelaku seni masih beramai-ramai mengikuti tahapan pendaftaran yang masih berlangsung.

Demi menguatkan seni dan budaya khas Kabupaten Karawang, Disparbud melanjutkan program kurasi yang sudah berjalan dari tahun 2023 lalu.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Disparbud Kabupaten Karawang, Fazrian Wardhani Aditya menyampaikan, pada tahun 2024 ini, program kurasi akan dilakukan pada Sub sektor Seni Pertunjukan yang akan memprioritaskan pada dua kategori, yaitu Tari Topeng Banjet dan Tari Ketuk Tilu.

“Tari Topeng Banjet dan Tari Ketuk Tilu merupakan tarian ciri khas Karawang. Maka kami akan prioritaskan dalam kurasi seni pertunjukkan di tahun 2024 ini. Hal ini untuk menyelami pesona kekayaan seni pertunjukan budaya khas Karawang," jelas Fazrian, Minggu, 17/3/2024.

BACA JUGA:Tempat Karaoke Kepergok Jual Miras, Akhirnya Bupati Aep Larang Semua Tempat Hiburan Buka Selama Ramadan

Ia menjelaskan, bagi yang berminat untuk mengikuti kurasi tersebut dapat melakulan pendaftaran secara online maupun offline yang telah dibuka dari tanggal 22 Februari - 10 April 2024.

Untuk urasi online akan dilakukan pada tanggal 18 - 19 Mei 2024, sedangkan untuk kurasi offline akan dilakukan pada akhir Mei 2024. Petunjuk teknis bisa dilihat pada link berikut : http://tinyurl.com/JuknisSeni.

"Sampai saat ini baru ada 10 pendaftar dari kedua kategori itu. Kami harapkan para seniman bisa mengikuti kesempatan kurasi ini, karena sangat banyak manfaatnya. Di Karawang ini cukup banyak sanggar yang berdiri, tercatat ada 23 sanggar tari dan 43 grup topeng banjet," terang Fazrian.

Ia menjelaskan, para seniman yang berhasil lolos dalam kurasi seni pertunjukkan, akan diikutsertakan dalam semua kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Karawang. 

BACA JUGA:Viral, Seorang Perempuan Buang Bayi Dalam Kardus di Kompleks Perumahan Bekasi, Aksinya Terekam CCTV

"Dengan seperti itu, seni pertunjukkan ini akan menjadi icon wisata di Kabupaten Karawang, sehingga dapat menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar daerah. Sehingga pertumbuhan di sektor pariwisata pun bisa meningkat juga," ungkap Fazrian.

Fazrian memaparkan, Kabupaten Karawang memiliki segudang seniman dan budayawan yang memiliki potensi luar biasa. Banyak para seniman yang telah mengharumkan nama daerah dikancah Nasional, maupun Internasional. 

"Karawang merupakan tempat tinggalnya para Seniman Seniwati juga para Budayawan di Jawa Barat," pungkas Fazrian.

Lebih lanjut, Direktur Komite Ekraf Karawang, Rahmat Wiguna, mengatakan, pada tahun ini sistem kurasi akan dilaksanakan menggunakan sistem hybride.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: