Tak Hanya Beras yang Naik, Harga Pangan Pokok Lain di Kabupaten Bekasi Turut Melambung Tinggi

Tak Hanya Beras yang Naik, Harga Pangan Pokok Lain di Kabupaten Bekasi Turut Melambung Tinggi

ilustrasi gambar, Bahan Pokok--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kekhawatiran warga tentang harga yang akan cenderung makin tinggi jelang Ramadhan kini terbukti. Pasalnya tidak hanya beras yang harganya naik. Harga pangan pokok lain, seperti daging sapi, ayam ras, cabai merah, dan telur ayam ras, juga turut melambung.

"Sejauh ini sesuai dengan trend nasional juga beberapa komoditas bahan pokok naik harganya. Makanya saya langsung melaksanakan rapat pengendalian inflasi daerah untuk bisa meredam itu semua," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan kepada Cikarang Ekspress pada Senin (18/03).

Dani mengungkapkan adapun trend kenaikan komoditas bahan pokok dibulan ramadan karena pola belanja masyarakat yang meningkat terlebih di hari raya. Adapun, tradisi-tradisi masyarakat kita yang mendorong pengeluaran ekstra disaat hari raya itu.

"Meskipun itu yang tadi saya sampaikan karena pola belanja kita di bulan Ramadan apalagi di hari raya meningkat apalagi ada tradisi-tradisi kita yang mendorong pengeluaran ekstra disaat hari raya itu maka implikasi meskipun untuk dibeberapa produksi sudah kita tingkatkan sejak beberapa bulan," kata Dani seperti dikutip Cikarang Ekspress.

BACA JUGA:Kesal Diputusin, Pria Ini Tega Siram Mantan Pacarnya dengan Air Keras

Kendati demikian, kata Dani untuk menekan kenaikan harga bahan pokok itu, pihaknya juga tetap memberlakukan hukum suplay and demand terhadap pendistribusian bahan pokok tersebut.

"Para pengusaha juga dengan sendirinya meningkatkan produksinya di saat seperti ini karena tentu ini keuntungan bagi mereka. Tetapi tetap, hukum suplay demand itu berlaku, dimana suplay naik ke demand tidak sejajar harga akan naik," ucap dia.

Dani berharap masyarakat bisa memahami atas kondisi tersebut. "Mudah-mudahan masyarakat bisa memahami dan tetap bagi yang mempunyai penghasilan dapet bonus di bulan ramadhan ini bisa memanfaatkan nya dengan bijaksana dengan tetap melihat tetangga saudaranya kiri-kanan yang tidak seberuntung dari pada dihabiskan untuk pribadi dan keluarga," tandasnya.

Diketahui Harga telur per rak naik dari Rp 55.000 menjadi Rp 65.000. Daging sapi dijual hingga Rp 145.000 per kilogram dari sebelumnya berkisar Rp 120.000-Rp 130.000 per kg.

BACA JUGA:4 THM di Karawang yang Disegel: Dewi Air, Sultan Reborn, 4Play dan Spa Oasis

Ayam potong yang sebelumnya Rp 27.000 per kg kini dijual hingga Rp 37.000 per kg. Di beberapa pasar, harganya mendekati Rp 50.000 per kg.

Harga bawang putih naik dari Rp 30.000 menjadi Rp 40.000 per kg. Harga cabai keriting, cabai merah, dan cabai rawit rata-rata Rp 50.000 per kg dari sebelumnya Rp 30.000-Rp 35.000 per kg. (Iky)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: