Kenali Penyebab Kantung Mata Bengkak, Hati-hati Bisa Karena Infeksi lho

Kenali Penyebab Kantung Mata Bengkak, Hati-hati Bisa Karena Infeksi lho

Penyebab Kantung Mata Bengkak-(Pixabay/Inkuuz)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pembengkakan ringan atau kantung mata yang terjadi di bawah mata adalah hal umum yang sering terjadi seiring bertambahnya usia seseorang.

 

Seiring bertambahnya usia, komponen-komponen jaringan di sekitar mata, termasuk otot-otot yang mendukung kelopak mata, cenderung mengalami penurunan kekuatan dan elastisitasnya.

 

Lemak yang biasanya menopang mata juga cenderung bergeser ke bagian bawah kelopak mata seiring waktu, yang akhirnya menyebabkan pembentukan kantung mata yang terlihat bengkak.

 

Meskipun demikian, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan pembengkakan di bawah mata, termasuk penumpukan cairan di daerah di sekitar mata.

 

Sebagian besar kasus pembengkakan atau kantung mata bawah merupakan masalah kosmetik yang umum dan jarang menandakan adanya kondisi medis yang serius.

Apa saja penyebab kantung mata bengkak? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

 

Penyebab Kantung Mata Bengkak

 

Bengkaknya kantung mata juga bisa menjadi kondisi yang umum terjadi dalam lingkungan keluarga, jadi selain karena penuaan, faktor genetika juga berperan dalam hal ini.

 

Namun, ada beberapa penyebab kantung mata bengkak yang perlu diketahui!

 

Konsumsi Garam Berlebihan

 

Salah satunya adalah konsumsi garam yang berlebihan, yang mungkin tidak disadari banyak orang sebagai penyebab pembengkakan kantung mata. Kandungan natrium yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan penahanan cairan, yang pada gilirannya menyebabkan pembengkakan di wajah dan tubuh. Ini khususnya terlihat setelah mengonsumsi makanan asin.

Kulit tipis di sekitar mata lebih rentan terhadap pembengkakan, yang menghasilkan pembengkakan di bawah mata atau kantung mata. Biasanya, tubuh akan menghilangkan pembengkakan ini secara alami, tetapi bisa memakan waktu beberapa jam atau lebih lama.

 

Menangis

 

Menangis juga bisa menyebabkan cairan terkumpul di sekitar mata, yang bisa mengakibatkan pembengkakan kantung mata. Namun, kondisi ini umumnya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.

 

Kurang Tidur

 

Kurang tidur juga menjadi faktor penyebab kantung mata bengkak. Studi di Journal of Sleep menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan pembengkakan di bawah mata, serta mata merah dan lingkaran hitam di sekitar mata.

Kurang tidur dapat melemahkan otot-otot di sekitar mata dan mengurangi kolagen di bawah mata, yang menyebabkan penumpukan cairan di area tersebut dan pembengkakan di bawah mata. Pembengkakan ini bisa bertahan beberapa jam hingga 24 jam, tetapi bisa menjadi permanen jika kurang tidur terjadi secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: