Tak Perlu Repot! Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak dengan Bahan yang Ada di Rumah

Tak Perlu Repot! Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak dengan Bahan yang Ada di Rumah

Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak-(Pixabay/Curious_Collectibles)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Biasanya, pembengkakan di bawah mata akan menghilang dengan sendirinya dalam kebanyakan kasus, meskipun perlunya perawatan tergantung pada penyebabnya.

Dokter mungkin akan meresepkan perawatan tertentu tergantung pada kondisi, seperti obat anti alergi, antibiotik, salep antibakteri, tetes mata antibakteri, atau tetes mata steroid. Namun, kamu tak perlu khawatir, kantung mata bengkak juga bisa diredakan dengan beberapa bahan yang ada di rumah.

Bagaimana cara mengatasi kantung mata bengkak? Simak caranya berikut ini!

Penyebab Kantung Mata Bengkak

Sebelum mengetahu cara mengatasi kantung mata bengkak, kamu juga perlu tahu penyebab kantung mata bengkak terlebih dahulu. Apa saja?

Infeksi Mata

 

Infeksi mata dapat menjadi penyebab pembengkakan di bawah mata pada satu atau kedua mata. Infeksi dan pembengkakan sering kali dimulai pada satu mata dan kemudian dapat menyebar ke mata yang lain.

Untuk menghindari infeksi mata, disarankan untuk tidak menyentuh atau menggosok mata, dan jika terjadi infeksi, pengobatan biasanya melibatkan penggunaan antibiotik dan biasanya akan sembuh dalam waktu satu minggu.

Menangis

Menangis juga bisa menyebabkan cairan terkumpul di sekitar mata, yang bisa mengakibatkan pembengkakan kantung mata. Namun, kondisi ini umumnya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.

Kurang Tidur

Kurang tidur juga menjadi faktor penyebab kantung mata bengkak. Studi di Journal of Sleep menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan pembengkakan di bawah mata, serta mata merah dan lingkaran hitam di sekitar mata. Kurang tidur dapat melemahkan otot-otot di sekitar mata dan mengurangi kolagen di bawah mata, yang menyebabkan penumpukan cairan di area tersebut dan pembengkakan di bawah mata. Pembengkakan ini bisa bertahan beberapa jam hingga 24 jam, tetapi bisa menjadi permanen jika kurang tidur terjadi secara teratur.

 

Dalam menjaga kesehatan mata, penting untuk memastikan kamu mendapatkan cukup tidur setiap malam, yaitu tujuh hingga sembilan jam tidur. Selain itu, mengontrol konsumsi garam dan menjaga keseimbangan nutrisi tubuh juga penting untuk mencegah pembengkakan kantung mata.

Alergi

 

Alergi juga dapat menjadi penyebab pembengkakan kantung mata karena dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar sinus dan area mata. Hal ini dapat mengakibatkan pembengkakan di bawah mata, serta dapat menyebabkan mata menjadi merah, gatal, dan berair.

Beberapa pemicu alergi mata yang umum meliputi serbuk sari, debu, asap rokok, polusi udara, bulu binatang, bahan kimia, dan parfum. Reaksi alergi menyebabkan pelepasan histamin oleh sel mast dalam mata untuk melawan alergen, yang dapat membuat mata menjadi sensitif dan berair. Untuk mengatasi gejala tersebut, Anda dapat menggunakan tetes mata atau mencoba obat antihistamin dan dekongestan.

Merokok

 

Merokok, baik itu merokok tembakau, shisha, atau cerutu, juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. Paparan asap rokok juga dapat memicu reaksi alergi pada orang yang sensitif atau menjadi perokok pasif. Hal ini dapat mengakibatkan mata berair dan pembengkakan di bawah mata.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari paparan asap rokok, membersihkan permukaan dan barang-barang di rumah dan mobil dari partikel asap rokok, serta mencuci rambut dan pakaian setelah berada di sekitar perokok.

 

Cara Mengatasi kantung Mata Bengkak

 

Kompres Dingin

 

Gunakan waslap bersih yang telah direndam dalam air dingin atau letakkan sendok yang telah didinginkan di lemari es di area mata yang bengkak. Anda juga dapat menggunakan krim mata atau serum yang disimpan di lemari es sebagai alternatif gel pendingin.

 

Kantong Teh

 

Rendam dua kantong teh dalam air dingin, lalu letakkan di atas mata yang tertutup dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Teh mengandung kafein yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membantu mengeluarkan cairan dari area bawah mata.

 

Memijat Wajah

 

Lakukan pijatan pada wajah menggunakan jari atau alat pijat wajah berbahan logam yang telah didinginkan terlebih dahulu.

 

Lakukan pijatan dengan lembut atau ketukan ringan di sekitar area mata dan sinus untuk membantu memperlancar aliran cairan yang berlebihan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kantung mata bengkak yang bisa kamu lakukan. Jika bengkak pada kantung mata tidak mereda dalam beberapa waktu, segera konsultasikan pada dokter agar mendapat penanganan yang tepat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: