5+ Rekomendasi Makanan untuk Orang yang Sedang Sakit Gigi

5+ Rekomendasi Makanan untuk Orang yang Sedang Sakit Gigi

Rekomendasi Makanan untuk Orang yang Sedang Sakit Gigi-(Pixabay/Engin_Akyurt)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Orang yang sedang sakit gigi umumnya tidak bisa mengonsumsi makanan yang keras, karena dapat memperparah sakit yang dialami. Karenanya, kamu perlu rekomendasi makanan untuk orang yang sedang sakit gigi. Apa saja?

 

Pantangan Makanan untuk Orang Sakit Gigi

 

Disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita sakit gigi agar kondisi gigi dapat membaik secara bertahap:

 

- Es batu: Disarankan untuk menghentikan kebiasaan mengunyah es batu karena dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

 

- Makanan yang memiliki tingkat keasaman, suhu panas, atau dingin yang ekstrem: Hal ini dapat meningkatkan rasa nyeri dan sensitivitas pada gigi.

 

- Minuman bersoda: Kandungan soda dalam minuman dapat menyebabkan kekeringan pada mulut yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi.

 

- Makanan yang mudah terjebak di sela-sela gigi, seperti roti, permen, keripik kentang, dan buah kering.

 

Selain memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, perawatan gigi yang teliti juga sangat penting dalam proses penyembuhan. Rajinlah menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Original untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Pasta gigi ini mengandung zinc dan fluoride yang dapat melindungi gigi dari plak bakteri dan mencegah kerusakan gigi. Selain itu, kandungan mineral HAP dalam pasta gigi ini juga membantu memperbaiki lapisan enamel gigi dan mengurangi sensitivitas gigi.

 

Rekomendasi Makanan untuk Orang yang Sedang Sakit Gigi

 

Kaldu Hangat

 

Meminum kaldu hangat bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada gigi. Campuran kaldu yang terbuat dari ayam dan sayuran dengan tekstur lembut akan membuatmu lebih nyaman saat makan. Dengan mengonsumsi kaldu, kebutuhan nutrisi harian tubuhmu tetap terpenuhi tanpa menambah intensitas nyeri pada gigi.

 

Telur

 

Telur adalah salah satu bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi saat gigi sedang sakit karena memiliki tekstur yang lembut. Kandungan protein, vitamin, mineral, dan omega 3 dalam telur sangat bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi dalam telur juga dapat membantu mempercepat penyembuhan inflamasi yang menyebabkan sakit gigi. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai resep telur untuk menciptakan hidangan yang lezat.

 

Bubur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: