Perbaikan Jalur Mudik Lebaran 2024 di Bekasi Dikebut, Pemkab Gelontorkan Rp53 Miliar

Perbaikan Jalur Mudik Lebaran 2024 di Bekasi Dikebut, Pemkab Gelontorkan Rp53 Miliar

Menjelang perayaan Idul Fitri 2024, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelontorkan biaya sebanyak Rp53 miliar guna merevitalisasi sejumlah ruas jalur sepanjang jalan Inspeksi Kalimalang yang membentang mulai dari perbatasan Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi hing-Perbaikan Jalur Mudik Lebaran di Bekasi-(sumber foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Menjelang perayaan Idul Fitri 2024, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelontorkan biaya sebanyak Rp53 miliar guna merevitalisasi sejumlah ruas jalur sepanjang jalan Inspeksi Kalimalang yang membentang mulai dari perbatasan Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi hingga Kabupaten Karawang.

Saat ini, sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bekasi khususnya pada jalur inspeksi Kalimalang tengah dilakukan perbaikan. Jalan penghubung antara  Kota / Kabupaten itu diperbaiki guna mengantisipasi meningkatnya volume para pemudik pada momentum lebaran idul Fitri 1445H/2024.

Seperti diketahui, Jalan Kalimalang merupakan jalur alternatif bagi para pemudik, terutama mereka yang mengendarai sepeda motor. Jalur ini kerap digunakan pemudik untuk memangkas jarak dari Bekasi menuju Karawang.

"Perbaikan ini dipersiapkan untuk arus mudik dan balik. Pada tahun ini kita mengerjakan sepanjang 7,5 kilometer, terbagi menjadi dua titik rekontruksi dan sudah termasuk overlay," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan kepada Cikarang Ekspress usai meninjau Jalan Kalimalang pada Jum'at (05/04/24).

BACA JUGA:KPU Karawang Pecat Tidak Hormat Empat Anggota PPK

BACA JUGA:Jalan Arteri Karawang dan Tol Japek Mulai Ramai Dilewati Pemudik dari Arah Jakarta

Dani menyatakan, Pemkab Bekasi sengaja mempersiapkan salah satu jalur alternatif yakni ruas jalan inspeksi Kalimalang tujuannya agar pemudik memiliki pilihan jalur lainnya selain melintasi jalur  biasanya yakni pada Jalan utama Pantura.

"Jalan Raya Kalimalang memang dipersiapkan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Bekasi sebagai salah satu jalur alternatif yang dapat dilewati oleh para pemudik selain jalur utama Pantura," ungkap Dani.

Oleh sebab itu, kata Dani, saat ini sejumlah jalan penghubung wilayah Kabupaten / Kota mulai direvitalisasi rencananya proses pengecoran akan dilakukan pengerjaandi malam hari nanti. Kemudian jalur tersebut akan tersedia untuk dilewati para pemudik pada Senin (08/04) pekan depan.

"Diharapkan setelah proses perbaikan ini selesai dan jalannya sudah dapat dilewati, maka konsentrasi arus kendaraan dapat terbagi menjadi dua, sehingga masyarakat dapat memilih di antara dua opsi tersebut untuk dapat dilewati untuk pulang ke kampung halamannya," kata Dani.

BACA JUGA:Kecelakaan Motor Tabrak Pejalan Kaki Terjadi Dua Kali dalam Sehari di Bandung, Tiga Nyawa Melayang

BACA JUGA:Suami di Cirebon Bakar Istrinya hingga Alami Luka Parah

Dani Ramdan juga bilang, pihaknya memastikan jalur-jalur arus mudik di Kabupaten Bekasi sudah siap rampung 100 persen lantaran rekonstruksi perbaikan jalan tersebut dikebut tujuannya agar bisa digunakan untuk arus mudik. Meskipun jika overlay mungkin akan dilanjutkan kembali sehabis lebaran.

"Kalau rekontruksinya kita kejar supaya bisa digunakan untuk arus mudik dan overlaynya mungkin kita lanjutkan setelah lebaran. Tapi bisa dipastikan jalur-jalur arus mudik di Kabupaten Bekasi siap 100 persen untuk menunjang pergerakan arus mudik nanti," kata Dani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: