10+ Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami, Dijamin Tikus Pergi dari Rumah!

10+ Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami, Dijamin Tikus Pergi dari Rumah!

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami-(Pixabay/Bergadder)-

 

Penting untuk menggunakan sarung tangan saat menangani kapur barus untuk menghindari reaksi alergi. Pastikan juga untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak karena kapur barus bisa sangat berbahaya jika tertelan. Setelah menggunakan kapur barus, kamu harus cuci tangan dengan baik.

 

Memanfaatkan ampas teh

 

Ampas atau kantung teh bekas juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah. Ampas teh diyakini bisa mengganggu pernapasan tikus ketika mereka menghirup atau memakannya. Selain itu, aroma dari ampas teh juga dapat mengacaukan indra penciuman tikus sehingga membuat mereka tidak betah berlama-lama di rumah.

 

Untuk mengusir tikus dari rumah, kamu perlu menempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang atau area yang sering dikunjungi oleh tikus, lalu amati hasilnya.

 

Taburkan bubuk kopi

 

Aroma kuat dari bubuk kopi terbukti cukup efektif untuk mengusir tikus dari rumah. Aroma dari bubuk kopi juga dapat membantu mengusir serangga lain yang berada di dalam rumah.

 

Agar tikus pergi dari rumah, kamu hanya perlu taburkan sedikit bubuk kopi di sudut-sudut ruangan, biarkan beberapa saat, dan lihatlah bagaimana tikus-tikus itu pergi dengan sendirinya.

 

Menggunakan baking soda

 

Jika kamu khawatir tentang penggunaan racun tikus yang berbahaya, baking soda bisa menjadi alternatif yang lebih aman. Baking soda diyakini cukup efektif dalam mengusir tikus dan dapat membuat mereka meninggalkan rumah dengan cepat.

 

Pakai bawang merah

 

Bawang merah memiliki aroma yang kuat dan dianggap tidak disukai oleh tikus. Oleh karena itu, bawang merah juga dapat digunakan sebagai cara mengusir tikus di rumah.

 

Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengiris bawang merah dan menempatkannya di area-area yang sering dikunjungi oleh tikus. Contohnya, letakkan potongan bawang merah di depan lubang tikus atau di tempat-tempat rawan di mana tikus mungkin akan membuat sarang.

 

Manfaatkan ramuan lada

 

Selain dapat membuat hidung manusia gatal, aroma dari lada juga terbukti efektif sebagai cara mengusir tikus.. Tikus akan menghindari bau tajam dari lada dan enggan mendekati area yang telah diberi lada.

 

Caranya mudah, cukup taburkan sedikit lada di sekitar lubang-lubang tikus, lalu amati hasilnya. Kamu bisa menggunakan lada hitam maupun lada putih sama-sama efektif, jadi kamu bisa mencoba keduanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: