5 Cara Mengatur Youtube untuk Anak agar Aman dan Ramah Anak

5 Cara Mengatur Youtube untuk Anak agar Aman dan Ramah Anak

Cara Mengatur Youtube untuk Anak-(Pixabay/Vika_Glitter)-

 

- Pilih "Profil anak Anda" dan masukkan kata sandi akun YouTube orang tua.

 

- Pilih jenis konten yang sesuai dengan usia anak, seperti "Prasekolah (Preschool), Lebih Muda (Younger), atau Lebih Dewasa (Older)", kemudian klik "Setujui".

 

Setelan konten "Prasekolah" diperuntukkan bagi anak-anak berusia 4 tahun ke bawah, yang memberikan akses kepada video yang mendukung kreativitas, pembelajaran, dan eksplorasi.

 

Kemudian, pada setelan konten "Lebih Muda" yang ditujukan bagi anak-anak usia 5–8 tahun, YouTube menyediakan konten yang mencakup lagu, kartun, kerajinan, dan konten lainnya yang menarik bagi anak-anak prasekolah dan awal sekolah dasar.

 

Sementara itu, pada setelan konten "Lebih Dewasa" yang ditujukan bagi anak-anak usia 9–12 tahun, YouTube menyediakan konten video musik, game, sains, dan lainnya yang sesuai dengan minat dan pemahaman anak-anak pada usia tersebut.

 

5. Aktifkan Mode Terbatas

 

YouTube secara default dirancang untuk digunakan oleh remaja yang berusia 13 tahun ke atas, sehingga mungkin tidak sepenuhnya aman bagi anak-anak yang lebih muda.

 

Namun, untuk mengatasi hal ini, YouTube menyediakan fitur yang disebut mode terbatas untuk membatasi akses anak-anak ke konten yang mungkin tidak sesuai.

 

Cara mengatur YouTube agar masuk ke mode terbatas adalah sebagai berikut:

 

- Buka pengaturan atau setting.

 

- Cari opsi yang bertuliskan "Restricted Mode" di bagian bawah halaman YouTube.

 

- Aktifkan mode tersebut dengan mengklik tombol "on".

Nah itulah cara mengatur Youtube untuk anak agar apa yang si Kecil tonton bisa terpantau.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: