Pemkab Karawang Mau Bangun Turap Penahan Abrasi di Cemara Jaya, Anggarannya 1 M

Pemkab Karawang Mau Bangun Turap Penahan Abrasi di Cemara Jaya, Anggarannya 1 M

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) berencana akan membangun penahan abrasi air laut di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya dengan alokasi anggaran mencapai Rp1 milyar dari APBD tahun 2024.

Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karawang melalui Kepala Bidang SDA Aries Purwanto, menyampaikan, penahan abrasi air laut ini akan dibangun di beberapa titik kritis yang terkena bencana banjir rob.

"Rencana pembangunan penahan abrasi air laut ini akan dilaksanakan di tahun ini, untuk total anggaran mencapai Rp1 milyar dari APBD 2024. Kami akan bangun di beberapa titik kritis," ujar Aries, Selasa, 28/5/2024, kepada karawangbekasiekspres.id.

BACA JUGA:Cegah Antrean, DLH Bakal Bangun Jalur Keluar-Masuk Armada Truck Pengangkut Sampah di TPA Burangkeng

Aries menjelaskan, rencana pembangunan penahan abrasi air laut itu juga masuk ke dalam proyek strategis daerah (PSD) tahun 2024. 

"Proyek pembangunan abrasi air laut ini masuk dalam PSD tahun 2024. Karena nilainya yang cukup besar dan cukup urgent," beber Aries.

Ia menerangkan, sampai saat ini Pemkab Karawang masih melakukan proses lelang untuk proyek penahan abrasi air laut senilai Rp1 milyar tersebut. 

BACA JUGA:Jelang Peringatan Harlah Pancasila, Pemda Terus Matangkan Persiapan Upacara 1 Juni di Blok Rokan

"Proyek penahan abrasi air laut ini kan cukup besar, yaitu Rp1 milyar, jadi kami lakukan lelang terbuka kepada masyarakat," kata Aries.

Aries mengatakan, penahan abrasi air laut itu dibangun untuk menahan laju abrasi agar tidak meluas sampai ke pantai dan pesisir yang berakibat dapat merusak lingkungan dan pemukiman warga.

"Penahan abrasi air laut sangat penting untuk menahan abrasi agar tidak sampai ke pantai dan pesisir. Kalau sampai meluas, nanti bisa merusak lingkungan dan pemukiman," tutur Aries.

 BACA JUGA:Pelantikan PPS Pilkada 2024, Pj Bupati Purwakarta Harapkan Partisipasi Pemilih Berada di Angka 90%

Ia mengungkapkan, proyek penahan abrasi yang masuk dalam PSD ini akan menjadi salah satu proyek yang akan di prioritaskan di tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: