DPMD Lakukan Pembinaan Terhadap Ratusan Sekdes se-Kabupaten Bekasi

DPMD Lakukan Pembinaan Terhadap Ratusan Sekdes se-Kabupaten Bekasi

DPMD Gembleng Sekdes se-Kabupaten Bekasi --karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi dalam meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa terus dilakukan, diantaranya dengan melakukan pembinaan peningkatan kapasitas terhadap para Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kasi Pem Kecamatan.

Kepala Bidang Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Zen Al Fikri mengatakan, pembinaan terhadap 179 Sekdes se-Kabupaten Bekasi ini penting dilakukan, sebab desa sebagai struktur organisasi pemerintah paling rendah menjadi garda terdepan pelayanan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

" Jadi kemampuan dan kapasitas aparatur pemerintah sangat penting. Dengan kompleksitas yang saat ini dihadapi aparatur desa dituntut untuk memiliki perhatian dan tanggung jawab terhadap masyarakat," kata Zen, usai membuka kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa di Hotel Primebiz, Cikarang Selatan, Selasa (28/5) kemarin.

Zen menyebut, perkembangan pembangunan di kabupaten bekasi begitu pesat. Seiring dengan semakin padatnya pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya sudah barang tentu dapat mensejahterakan masyarakat.

BACA JUGA:Tingkatkan Efektivitas Penggunaan Biaya Operasional, BPJS Ketenagakerjaan Terima Penghargaan Grab

Oleh karena itu, Sambung zen, melalui kegiatan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa ini diharapkan bisa menambah wawasan, sehingga pengelolaan Dana Desa (DD) tepat sasaran dan berdampak positif bagi masyarakat.

" Artinya kegiatan ini untuk memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan pemerintahan desa serta membangun desa agar sasaran pembangunan lebih terarah serta pengelolaan DD berdampak positif terhadap pembangunan desa," tuturnya.

Zen mengungkapkan, pemerintah desa juga punya peran penting dalam pembangunan yang menyeluruh, baik pembangunan di tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten hingga tingkat Nasional.

" Jadi dengan pelatihan ini diharapkan para aparatur desa ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintah desa. Termasuk kemampuan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi aparatur pemerintah desa sesuai dengan aturan yang berlaku," bilangnya.

BACA JUGA:Ratusan Pekerja PT Hung-A Indonesia Lakukan Audiensi dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Terkait PHK Massal

Disamping itu, untuk mengelola DD yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan diperlukan pembinaan dan pengawasan pemerintah daerah sehingga perangkat desa dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik. 

Untuk diketahui, kegiatan Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa ini berlangsung di Hotel Primebiz Cikarang Selatan berlangsung selama dua hari mulai dari hari Selasa 28 Mei hingga Rabu 29 Mei 2024. Pesertanya para Sekdes dan Kasi Pem se Kabupaten Bekasi. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: